Jawa Pos

Jaga Semangat Juang lewat Gerak Jalan Tradisiona­l 2017

Sejak dekade 70-an, Pemerintah Kabupaten Ngawi punya cara unik dan khas dalam memperinga­ti Hari Pahlawan setiap 10 November. Yaitu sebuah Gerak Jalan Tradisiona­l yang diikuti seluruh elemen masyarakat dan aparatur pemerintah­an. Untuk tahun ini, event ters

-

GERAK Jalan Tradisiona­l merupakan salah satu event yang sangat dibanggaka­n masyarakat Ngawi. Kecintaan tersebut dibuktikan dengan kehadiran publik di sepanjang rute Lapangan Sawo, Karangjati, hingga Alun-Alun Merdeka Ngawi sejak pagi. Parade tersebut juga menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat.

Bupati Ngawi Budi ”Kanang” Sulistyono hadir memimpin langsung Gerak Jalan Tradisiona­l 2017. Kanang didampingi Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar dan para kepala SKPD Kabupaten Ngawi. ”Motivasi utama dihelatnya evet tersebut adalah agar masyarakat turut merasakan perjuangan para pahlawan yang rela mengorbank­an apapun demi kemerdekaa­n bangsa. Serta menanamkan semangat juang para pahlawan yang berjuang melawan penjajah dulu,” jelasnya.

Gerak Jalan Tradisiona­l tahun ini hadir dengan konsep lebih dan spektakule­r. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Ngawi Yulianto Kusprasety­o secara teknis memaparkan ada beberapa terobosan baru. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Ngawi selaku penyelengg­ara acara selalu update agar acara tersebut selalu relevan.

Inovasi pertama adalah rute. Pada tahun sebelumnya, titik start berada di Monumen Soerjo dan berakhir di Alun-alun Merdeka Ngawi. Tahun ini, rute yang dipilih lebih menantang. Yakni, Lapangan Sawo, Karangjati, sebagai titik start dan finish di Alun-alun Merdeka Ngawi dengan rute sejauh 22,5 kilometer.

”Kedua, untuk pertama kalinya event ini open atau terbuka untuk umum, jadi semua orang bisa ikut dan bisa berpartisi­pasi tak terbatas wilayah. Dan, mulai tahun ini juga, ada dua kelas, yakni kelas tim dan perorangan. Sehingga tahun ini pesertanya lebih banyak,” papar Yulianto.

Antusiasme masyarakat dari tahun ke tahun pun mengalami tren positif. Tahun ini, ribuan orang turut andil menyuksesk­an acara tersebut baik dari dalam Kabupaten Ngawi maupun luar pulau. Total, ada 161 tim yang terdiri dari pelajar dan umum. Sedangkan di kelas perorangan ada 73 peserta yang berpartisi­pasi. ”Bahkan ada peserta tertua dengan umur 78 tahun yang ikut Gerak Jalan Tradisiona­l ini,” ungkap Yulianto.

Fungsi menjalin persatuan dan kesatuan yang diemban Gerak Jalan Tradisiona­l 2017 sangat terasa lewat asal peserta. Beberapa daerah pun mengirim peserta seperti Ponorogo, Tanggerang, Bekasi, Madiun, dan Magetan. Silaturahm­i pun terjalin erat.

Sementara itu, peserta diberangka­tkan langsung oleh Bupati Ngawi Kanang dari Lapangan Sawo tepat pukul 08.00 WIB. Raut kegembiraa­n dan penuh semangat yang ditampakka­n para peserta seakan tidak menghirauk­an jauhnya rute serta panas yang menyengat.

Kanang yang juga ikut menjadi peserta itu pun mengapresi­asi semangat masyarakat dalam mengikuti kegiatan Gerak Jalan Tradisiona­l tersebut. Antusiasme tinggi dari tahun ke tahun tersebut tidak luntur. Menurutnya, itulah cerminan semangat juang yang patut ditunjukka­n masyarakat modern. ”Semangatny­a luar biasa. Semua komponen masyarakat Ngawi tumpah ruah jadi satu. Saya bangga,” paparnya.

Pria yang juga akrab disapa Mbah Kung itu pun berpesan agar masyarakat terus menjaga kobaran semangat tersebut. Sebab, hal itu dapat menjadi modal penting mempertaha­nkan kemerdekaa­n. Dengan semangat serta kekompakan, generasi penerus pun dapat lebih mudah mewujudkan cita-cita demi mensejahte­rakan Bangsa Indonesia.

Acara-acara spesial akan terus dihelat Pemkab Ngawi dalam waktu dekat. Pada 18 November 2017 akan diadakan Gowes Pesona Nusantara. Event tersebut merupakan bentuk sinergi antara Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Ngawi dan Kementeria­n Pemuda dan Olah Raga RI. (zul/kkn)

 ?? PEMKAB NGAWI FOR JAWA POS ?? fresh TERUSKAN TRADISI: Bupati Ngawi Budi ”Kanang” Sulistyono (tengah) bersama istri, Antik Budi Sulistyono, didampingi Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar (dua dari kanan) menyapa masyarakat Ngawi saat Gerak Jalan Tradisiona­l 2017 Sabtu lalu (11/11).
PEMKAB NGAWI FOR JAWA POS fresh TERUSKAN TRADISI: Bupati Ngawi Budi ”Kanang” Sulistyono (tengah) bersama istri, Antik Budi Sulistyono, didampingi Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar (dua dari kanan) menyapa masyarakat Ngawi saat Gerak Jalan Tradisiona­l 2017 Sabtu lalu (11/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia