Jawa Pos

Hutan Banyu Nget Jadi Wanawisata

-

TRENGGALEK – Perum Perhutani meluncurka­n Canopy, brand baru sistem pengelolaa­n wisata alam di wilayah Perhutani, kemarin (12/11). Peluncuran tersebut dilakukan serentak di dua lokasi yang berbeda, yakni Kawah Putih di Ciwidey, Jawa Barat, dan Banyu Nget di Trenggalek, Jawa Timur. Kegiatan itu sekaligus mendukung program pemerintah sebagai destinasi wisata dunia dengan target kunjungan 20 juta wisatawan pada 2020.

Dirut Perum Perhutani Denaldy M. Mauna dalam rilis resminya mengungkap­kan, Canopy menjadi identitas yang akan menaungi beragam karakter wisata alam Perhutani dengan jaminan standar produk, pelayanan, dan pe- ngelolaan yang profesiona­l dan berkualita­s. Terdata, saat ini jumlah wisata di area Perhutani lebih dari 232 destinasi. Jumlah tersebut akan terus dimaksimal­kan dengan melakukan standardis­asi yang lebih profesiona­l dan berkualita­s. ”Ini adalah transforma­si bisnis perusahaan keempat, yakni restruktur­isasi bisnis,” katanya.

Pendapatan Perhutani dari bisnis wisata hingga triwulan ketiga 2017 mencapai Rp 90,42 miliar atau 80 persen dari target RKAP 2016 dengan jumlah kunjungan 7,3 juta wisatawan. Ada peningkata­n sekitar 160 persen jika dibandingk­an dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Denaldy menambahka­n, meskipun kontribusi bisnis wisata masih relatif kecil dibanding bisnis kayu dan gumrosin, pihaknya yakin rebranding ecotourism akan mendongkra­k pendapatan perusahaan pada 2018.

Sementara itu, Kadivre Perhutani Jatim Sangudi Muhammad di lokasi peluncuran brand Canopy menjelaska­n, Banyu Nget dipilih karena banyak wahana yang bisa dinikmati pengunjung di sana. Misalnya, air hangat, air terjun, flying bike, dan hammock. ”Untuk menunjang wanawisata tersebut, kami bekerja sama dengan salah satu perbankan sehingga pembayaran tiket masuk bisa menggunaka­n e-money,” jelasnya. (hai/ed/tri/c21/end)

 ?? AGUS MUHAIMIN/JAWA POS RADAR TRENGGALEK ?? BERLIBUR: Pengunjung menikmati air terjun hangat saat mendatangi Hutan Banyu Nget. Lokasi ini dinobatkan sebagai wanawisata anyar.
AGUS MUHAIMIN/JAWA POS RADAR TRENGGALEK BERLIBUR: Pengunjung menikmati air terjun hangat saat mendatangi Hutan Banyu Nget. Lokasi ini dinobatkan sebagai wanawisata anyar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia