Jawa Pos

RI Galang Kerja Sama dengan Maroko

-

JAKARTA – Kementeria­n Koordinato­r Kemaritima­n (Kemenko Maritim) menginisia­tori kerja sama dengan Maroko dalam bidang perdaganga­n dan pariwisata. Komitmen tersebut akan dikuatkan dengan kunjungan Raja Maroko Muhammad bin Al Hassan akhir tahun ini.

Dalam pernyataan­nya kemarin (12/11), Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Maritim Agung Kuswandono mengungkap­kan, menurut jadwal, Raja Maroko akan berkunjung pada Desember 2017.

“Saya ingin Kemenko Maritim mem fasilitasi pertemuan bisnis an tara pengu saha Maroko dan Indonesia,” katanya.

Agung menjelaska­n, pada Jumat lalu (10/11), pihaknya telah menginisia­tori dengan membuka stan promosi wisata dan produk lokal bertajuk “Explore Indonesia” di Marrakesh, Maroko. “Kami juga bertemu dengan beberapa pengusaha, saya yakinkan bahwa indonesia layak jadi tujuan investasi,” katanya.

Indonesia akan menawarkan berbagai produk kelautan, seni, budaya, dan pariwisata. Agung optimistis bahwa warga Maroko akan senang berkunjung ke Indonesia karena memiliki beberapa kesamaan. Terutama karena kedua negara sama-sama berpendudu­k mayoritas muslim.

Sebaliknya, pemerintah Indonesia berharap Maroko bisa dijadikan pasar bagi barang atau produk ekspor unggulan. Selama ini, nilai perdaganga­n Indonesia-Maroko berada pada kisaran USD 160 juta pada 2016. “Kita ingin Maroko menjadi salah satu pasar nontradisi­onal bagi Indonesia,” katanya.

Terlebih, kata Agung, saat ini predikat investment grade yang telah diraih Indonesia telah memosisika­n Indonesia sebagai negara yang aman dan layak untuk berinvesta­si. ( tau/ ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia