Jawa Pos

Joey Persembahk­an Zamrud Khatulisti­wa

-

TANGERANG – Di atas panggung sudah ada dua penyanyi kenamaan Indonesia, Glenn Fredly dan Isyana Sarasvati. Tapi, Joey Alexander masih memberikan kejutan: dia memanggil basis Barry Likumahuwa serta drumer Taufan.

Sekitar 2.500 penonton di Indonesia Convention Exhibition, Bumi Serpong Damai, Tangerang, tadi malam pun menyambut hangat. Joey dan empat rekan kolaborasi­nya itu pun membawakan lagu Zamrud Khatulisti­wa kar ya Guruh Soekarnopu­tra.

Joey, pianis muda kebanggaan Indonesia, itu memang tengah pulang kampung. Menghelat konser A Night with Million of Imaginatio­n. Sehari sebelumnya (11/11) nomine Grammy Awards 2016 dan 2017 itu tampil di hadapan para duta besar negara sahabat dan pejabat pemerintah di Jakarta.

”Halo, apa kabar? Saya benar-benar happy berada di sini. Semoga Anda semua menikmati musiknya,” sapanya di awal konser yang dimulai pada pukul 20.24 WIB itu.

Sebelumnya dia menghanyut­kan penonton lewat My Favorite Things dari album pertama dengan judul yang sama . Ritme yang dibangun dari tuts piano Joey berpadu padan dengan permainan drumer Ulysses Owens Jr dan basis Dan Chmielinsk­i, seperti mengajak audiens berkelana dalam imajinasi.

Sekaligus membebaska­n mereka dari segala tafsir. Sebab, jazz adalah soal kebebasan. Para penonton bebas menikmati sembari menerjemah­kan sendiri apa yang tersirat maupun tersurat dari My Favorite Things. Juga, lagu-lagu lain.

Itu merupakan konser kedua pianis kelahiran Bali, 14 tahun lalu, itu di Indonesia. Tahun lalu konsernya berlangsun­g di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Setelah menggeber komposisi dari My Favourite Things, ”si anak ajaib” yang belajar musik secara otodidak dari mendengar kaset-kaset ayahnya itu langsung lanjut ke album keduanya, Countdown. Juga, komposisi dari album keempatnya yang direncanak­an rilis April 2018. ”Saya sudah main bareng Joey sejak dia berumur 9 tahun. Perkembang­annya begitu pesat,” kata Barry.

Selain Glen, Isyana, Barry, dan Taufan, tadi malam Joey mengajak drumer Dimas Pradipta serta penyanyi Adinda Shalahita naik panggung. Mereka membawakan Blackbirds milik The Beatles ”Ini seperti jam session,” ucap Joey, lantas tersenyum. (nor/lin/c10/ttg)

 ??  ?? KOLABORASI: Dari kiri, Joey Alexander, Glenn Fredly, Isyana Sarasvati, dan Barry Likumahuwa di Bumi Serpong Damai tadi malam.
KOLABORASI: Dari kiri, Joey Alexander, Glenn Fredly, Isyana Sarasvati, dan Barry Likumahuwa di Bumi Serpong Damai tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia