Jawa Pos

Sempurna Menuju Rusia

-

ABIDJAN – Lengkap sudah kontestan Piala Dunia 2018 dari zona Afrika (CAF). Itu seiring dengan keberhasil­an Tunisia dan Maroko menyegel tiket lolos kemarin.

Di Stadion Olympic Rades, hasil imbang tanpa gol saat melawan Libya sudah cukup membuat Tunisia lolos ke Piala Dunia untuk kali kelima. Hasil tersebut membuat kemenangan 3-1 Republik Demokratik­Kongo atas Guinea siasia. Sebab, Kongo hanya bisa bertengger di posisi runner-up dengan koleksi 13 poin atau tertinggal satu poin dari Tunisia di pucuk klasemen.

Kesuksesan Maroko lebih sensasiona­l. Sebab, setelah absen sejak 1998, Maroko akhirnya bisa kembali berlaga di Piala Dunia. Tim berjuluk Singa Atlas itu lolos setelah menang 2-0 atas tuan rumah Pantai Gading.

Dua gol kemenangan Maroko dicetak Nabil Dirar (25’) dan Medhi Benatia (30’). Dengan tiga angka tambahan, Maroko menjadi pemuncak grup C dengan 12 poin dan unggul 4 poin atas Pantai Gading di posisi kedua.

”Malam ini kami begitu bang- ga dengan kostum Maroko,” ucap pelatih Herve Renard sebagaiman­a dilansir SCMP. ”Kebanggaan lainnya, bendera Maroko kembali ke Piala Dunia. Ini adalah kali kelima kami lolos (ke Piala Dunia, Red) dan merupakan bukti Maroko bukan negara kecil di sepak bola,” lanjut pelatih berkebangs­aan Prancis itu.

Lolosnya Maroko disempurna- kan dengan performa selama melakoni kualifikas­i babak ketiga. Dalam enam pertanding­an, Maroko belum tersentuh kekalahan. Perinciann­ya, tiga kali menang dan tiga kali seri. Maroko juga selalu sukses membukukan clean sheet dalam enam laga tersebut.

Nah, setelah laga melawan Pantai Gading di Stadion Felix Houphouet-Boigny itu, Renard mendapat ucapan selamat dari Raja Maroko Muhammad VI via telepon. ”Saya berterima kasih kepada Yang Mulia karena telah menelepon saya dan memberi penghormat­an kepada tim,” kata pelatih 49 tahun itu.

Lebih jauh, lolosnya Tunisia dan Maroko juga menciptaka­n rekor baru di Piala Dunia. Ya, ini kali pertama empat negara Timur Tengah lolos ke putaran final event empat tahunan tersebut.

Sebelumnya, sudah ada Arab Saudi dan Mesir. Sontak, rekor itu mendapat ucapan selamat dari berbagai pihak. Tidak terkecuali Mohamed Salah, bintang Mesir dan Liverpool.

”Piala Dunia rasa Arab, MesirArab Saudi-Maroko-Tunisia. Saya ucapkan selamat kepada kita semua,” tulis winger 25 tahun itu di akun Twitter- nya seperti dilansir Goal. (io/c11/bas) KAMI KEMBALI: Kapten Maroko Medhi Benatia (tengah) berebut bola dengan bomber Pantai Gading Seydou Doumbia (kanan) pada laga di Abidjan kemarin.

 ?? ISSOUF SANOGO/AFP PHOTO ??
ISSOUF SANOGO/AFP PHOTO
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia