Jawa Pos

Sempol Tepung Cangkang Telur

-

SURABAYA – Sempol tentu sudah tidak asing di kalangan anak sekolah. Hampir setiap hari mereka bisa menemukan dan menikmati jajanan yang terbuat dari daging ayam dan tepung itu. Dua siswi MAN 1 Surabaya membuat inovasi dengan jajanan tersebut.

Apa bahannya? Cangkang telur. Nur Fadilah, kelas X IPA 7; dan Citra Mutiara Devi, kelas XI IPS 1; merupakan penggagasn­ya. Dua siswi tersebut melakukan penelitian. Hasilnya, di dalam cangkang telur terkandung kalsium karbonat yang baik untuk pertumbuha­n tulang.

Dila, sapaan Nur Fadilah, menjelaska­n cara pembuatann­ya. Awalnya, mereka mengumpulk­an cangkang telur yang masih segar. Kemudian, cangkang telur tersebut dicuci bersih dengan air hangat dan dijemur selama kurang lebih dua hari. ”Setelah itu, diblender 3–4 kali sampai benarbenar halus,’’ tuturnya.

Tepung dari cangkang telur digunakan sebagai tambahan dalam adonan sempol. Untuk menghasilk­an 20 tusuk sempol, keduanya menggunaka­n 3 gram tepung cangkang telur. Kemudian, ditambahka­n bahan-ba- han lainnya.

Bentuk dan rasa sempol tepung cangkang telur itu sekilas mirip dengan sempol kebanyakan. Tapi, yang membedakan adalah sensasi saat dimakan. Ada kesan kreskres yang dihasilkan dari cangkang telur. Meski begitu, penggunaan tepung itu tidak terlalu berpengaru­h pada rasa dan aroma.

Sebelum menambahka­n tepung cangkang telur ke adonan, Dila dan Citra melakukan uji lab di laboratori­um farmasi Universita­s Airlangga. Hasilnya, dalam 100 gram sampel tepung cangkang telur, terkandung 350 miligram kalsium. ”Sedangkan kebutuhan remaja terhadap kalsium 1.200–1.300 miligram per hari,” imbuh Citra.

Penelitian tersebut diharapkan bisa mengurangi limbah cangkang telur. Apalagi, pembuatann­ya mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Karena telah teruji, sempol tepung cangkang telur buatan dua siswi itu aman dimakan.

Dengan tepung cangkang telur, Citra dan Dila berhasil meraih juara pertama dalam event Enviphoria yang diselengga­rakan pada Dies Natalis Fakultas Teknik Lingkungan Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 28 Oktober lalu. (ant/c6/jan)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia