Jawa Pos

Tertangkap setelah Tiga Tahun Buron

-

SURABAYA – Satu lagi komplotan curas yang meresahkan warga ditangkap. Hasan Rofiqi dicokok setelah tiga tahun menjadi buron. Dalam beraksi, komplotann­ya terkenal bengis. Mereka tak segan untuk melukai korban.

Rofiqi cs merupakan komplotan curas yang sering beraksi di Surabaya. Hampir seluruh anggota berhasil dijebloska­n ke penjara. Rofiqi diringkus Unit Jatanras Polrestabe­s Surabaya Sabtu malam (11/11).

Dalam tiga tahun terakhir, tercatat ada enam TKP yang disatroni mereka. Lokasinya berbeda-beda. Mereka tidak pernah menetapkan lokasi yang sama ketika beraksi. Contohnya, saat beraksi di kawasan Surabaya Selatan, mereka selalu berpindah tempat untuk mengelabui polisi. ’’Maksimal dua kali mereka menyatroni satu kawasan yang sama,” ujar Kasatreskr­im Polrestabe­s Surabaya AKBP Leonard Sinambela.

Ketika beraksi, mereka membekali diri dengan sajam. Rofiqi cs memang terkenal bengis. Todongan senjata tak pernah luput dari aksi mereka. Tak jarang, gertakan tersebut menjadi kenyataan. Terutama ketika korban berusaha melawan. ’’Mereka tidak segan untuk melukai korban,” ucap pria yang akrab disapa Leo itu.

Rofiqi tak pernah memiliki peran yang sama setiap kali beraksi. Terkadang dia menjadi joki atau eksekutor. Pasanganny­a juga berbeda-beda. Tergantung siapa yang sedang senggang untuk beraksi. ’’Biasanya, yang beraksi ya yang lagi butuh uang,” tutur perwira dengan dua melati di pundak tersebut.

Sasarannya bermacam-macam. Mulai sepeda motor hingga uang cash yang dibawa korban. Menurut Rofiqi cs, lebih praktis meminta uang ketimbang barang. Mereka tak perlu ribet melakukan penjualan. ’’Kecuali sepeda motor. Sebab, mereka sudah memiliki penadah tetap,” terang Leo.

Untuk curanmor, modusnya klasik. Rofiqi cs menyediaka­n kunci T. Jadi, ketika ’’ berburu’’, mereka selalu siap. (bin/c18/ano)

 ?? DRIAN BINTANG/JAWA POS ?? KENA JUGA: Hasan Rofiqi diapit petugas dalam rilis kemarin.
DRIAN BINTANG/JAWA POS KENA JUGA: Hasan Rofiqi diapit petugas dalam rilis kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia