Jawa Pos

Yang Penting Bersyukur dan Pintar Mengatur

Dewan Pengupahan Gresik telah menyepakat­i upah minimum kabupaten (UMK) 2018. Angkanya sudah ada di tangan bupati. Usul UMK Gresik tetap tertinggi di antara kabupaten se-Jawa Timur, yaitu Rp 3.580.370. Sedikit lebih rendah daripada Kota Surabaya, Rp 3.583.

-

SEBAGIAN pekerja menganggap UMK 2018 masih rendah. Nilai Rp 3,58 juta dinilai belum cukup memenuhi semua kebutuhan sehari-hari. Namun, menurut Diana Fairuz, tenaga harian lepas (THL) Dinkes Gresik, UMK Gresik sudah lebih dari cukup.

Sebab, ”gaji” sebagai THL jauh di bawah UMK. Perempuan 25 tahun itu hanya menerima Rp 1,6 juta per bulan. Diana mengakui bahwa kebutuhann­ya belum banyak. Sebab, warga Kelurahan Sukomulyo itu masih bujang. ” Yang penting tetap diatur,” ujarnya.

Setiap gajian, alumnus Universita­s Diponegoro (Undip) tersebut selalu menyisihka­n sebagian penghasila­n untuk menabung. Jaga- jaga kalau keperluan mendadak. Sisanya dipakai untuk makan, merawat kendaraan, dan keperluan perempuan.

Bagaimana bisa cukup? Dia menjelaska­n, selain menjadi staf dinkes, dirinya mengajar ke beberapa rumah tetangga. Kerja sampingan itu dilakukan bukan karena gaji kecil. ”Hobi saja,” ucapnya.

Hal yang sama dilakukan Oka Mahendra. Perawat RSUD Ibnu Sina itu juga masih berstatus THL. Gaji pokoknya tidak lebih dari Rp 1,6 juta per bulan. Uang tersebut harus cukup untuk menghidupi keluargany­a.

Oka harus mencukupi kebutuhan sekolah anak pertamanya serta susu untuk anak keduanya. Meski begitu, ayah dua anak itu mengaku cukup. ”Alhamdulil­lah, terbantu dari istri yang juga perawat (THL, Red),” katanya.

Jika ditotal, gaji pokok Oka dan Erita Febriana, istrinya, masih berada di bawah UMK 2018. Kendati demikian, warga kelurahan Randuagung tersebut tidak mau mengeluh. Mereka selalu mensyukuri apa yang sudah diberikan Tuhan.

Menurut Oka, kebutuhan manusia tidak ada batasnya. Berapa pun gaji, kalau tidak pandai bersyukur, pasti tidak cukup. Sebaliknya, walaupun gaji kecil, yang penting pandai mengatur keuangan. ”Pasti cukup,” ucapnya. ( adi/c16/roz)

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? Diana Fairuz
ADI WIJAYA/JAWA POS Diana Fairuz

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia