Jawa Pos

Kemegahan Istana Gula

-

SURABAYA – Kue tak lagi menjadi pelengkap prosesi. Keberadaan­nya dalam pesta pernikahan punya andil besar dalam menyempurn­akan dekorasi. Tak heran, para pembuat kue merancang kue pengantin seindah mungkin.

Salah satunya kue berbentuk istana yang dibuat Joyce Lie. Carousel of Millenium adalah nama yang disematkan pada kue artifisial buatannya. Kue tersebut dipajang pada pernikahan yang dihelat di Ballroom JW Marriott pada Sabtu (11/11).

Tinggi kue itu 3 meter dengan panjang 2,5 dan lebar 2,75 meter. Istana tersebut tampak menjulang tinggi di sisi kiri panggung. Dengan perpaduan warna putih dan silver, ”bangunan istana” itu diletakkan di meja bundar bertaplak putih dengan tinggi 90 cm. Desainnya merupakan perpaduan dari istana dan carousel atau komedi putar. ”Ini bercerita tentang kegembiraa­n,” kata Joyce.

Kue raksasa itu disusun menggunaka­n rangka styrofoam dengan sistem knockdown atau bongkar pasang. Setiap sambungan pilar terdapat nomor. Jadi, kue dapat dibongkar pasang dengan mudah.

Susunannya terdiri atas delapan pilar beratap runcing. Delapan merupakan jumlah yang diyakini membawa hoki. ”Itu jumlah yang bagus, berarti keberuntun­gan atau sempurna,” ujar pemilik Evergreen Cake Boutique itu.

Delapan pilar membentuk center yang berpusat pada tangga utama. Tangga tersebut menghubung­kan bagian dasar kue dengan teras istana, tempat patung kedua mempelai berdamping­an. Di sisi kiri tangga terdapat kereta kencana putih. Sedangkan komedi putar berada di sisi kanan.

Setiap pilar dikeliling­i jendela lengkap dengan bunga-bunga. Bunga tersebut terbuat dari gum paste atau dikenal dengan modelling sugar paste. Yakni, dekorasi kue berbahan dasar gula yang bertekstur mirip tanah liat.

Bunga-bunga itu dibentuk dengan detail secara handmade, lalu disusun hingga tampak menjuntai dari jendela dan merambat ke bawah. Bahan yang paling banyak digunakan adalah icing sugar untuk pelapis styrofoam. Keseluruha­n kue diwarnai dengan menggunaka­n teknik airbrush dalam tiga tahapan. (esa/c21/jan)

 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ?? PROSESNYA LAMA: Kue istana buatan Joyce Lie ini dikerjakan enam orang selama dua bulan.
ZAIM ARMIES/JAWA POS PROSESNYA LAMA: Kue istana buatan Joyce Lie ini dikerjakan enam orang selama dua bulan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia