Jawa Pos

Kupas Pengalaman Jalan-Jalan

-

SURABAYA – Mengunjung­i pedalaman Indonesia yang kaya akan warisan tradisi dan adat istiadat menjadi mimpi Medina Kamil, 35, sejak kuliah. Akhirnya, mimpi itu terwujud. Mantan presenter Jejak Petualang tersebut sudah menyambang­i sebagian besar wilayah di Indonesia.

Pengalaman­nya sebagai traveler kerap dia bagikan kepada mereka, sesama penyuka perjalanan. Kemarin (12/11) Nana, sapaan Medina Kamil, hadir dalam Petra X Sutos Action Sunday di Surabaya Town Square. Acara itu diselengga­rakan mahasiswa semester V Program Studi Manajemen Perhotelan UK Petra.

Dalam bincang-bincang santai, Nana mengupas cerita dari setiap perjalanan dan tempat yang disinggahi­nya. Pertemuan dengan orang-orang baru dari berbagai penjuru negeri memperliha­tkan betapa Indonesia begitu kaya.

Mengunjung­i suku pedalaman Badui merupakan pengalaman pertama Nana berpetuala­ng. Kala itu dia masih kuliah. Bersama teman-teman, dia melakukan perjalanan ke Banten.

Di sana ibu dua anak tersebut kagum atas kontribusi masyarakat untuk menjaga sungai. Yakni, mandi tanpa menggunaka­n sabun dan sampo. Masyarakat menggantin­ya dengan tumbuh-tumbuhan yang berfungsi sama. ’’ Jangan salah, mereka itu bersih lho. Sangat bersih. Putih-putih,’’ katanya.

Setelah lulus kuliah dan menjadi presenter, suku pedalaman yang paling berkesan adalah saat mengunjung­i Papua. Hingga kini, lebih banyak wisatawan luar negeri yang berkunjung ke sana ketimbang wisatawan lokal. ’’Orang sana sangat senang jika ada pendatang,’’ terangnya.

Surabaya juga jadi kota yang berkesan buatnya. Sudah puluhan kali dia berkunjung ke metropolis. Melihat sepuluh tahun lalu ketika kali pertama menginjakk­an kaki di Surabaya, dia bilang banyak yang berubah dari kota ini. ’’Surabaya ini selalu jadi kota transit kalau saya mau ke pedalaman. Terutama kalau mau ke Indonesia bagian timur,’’ tambahnya.

Meski kini vakum dari layar kaca, Nana masih kerap traveling. Impiannya adalah menjelajah Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. ’’Dari dulu pengin sekali ke Mentawai. Sampai sekarang belum kesampaian,’’ ucapnya. Selain itu, dia ingin ke Nias. (esa/c22/jan)

 ??  ?? PENJELAJAH: Medina Kamil di Sutos kemarin (12/11). Dia mengisahka­n pengalaman traveling-nya.
PENJELAJAH: Medina Kamil di Sutos kemarin (12/11). Dia mengisahka­n pengalaman traveling-nya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia