Jawa Pos

Pelaksanaa­n Imunisasi MR Terbaik Seluruh Jawa Timur

-

GRESIK – Keberhasil­an imunisasi measles-rubella (MR) mendapat apresiasi dari Pemprov Jatim. Kemarin (13/11) dinas kesehatan (dinkes) mendapatka­n penghargaa­n sebagai kabupaten terbaik tingkat Jawa Timur untuk pelaksanaa­n imunisasi MR.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Nur Farida menyebutka­n, ada cara khusus yang diterapkan di Gresik. Salah satunya kampanye melalui media sosial. ”Kabupaten/kota lain tidak ada,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Farida, antusiasme petugas puskesmas begitu tinggi. Sebab, dinkes membuat kompetisi kampanye MR antarpuske­smas. Setiap puskesmas harus bisa mengemas imunisasi sebaik-baiknya.

Berbagai macam cara kampanye dilakukan. Di wilayah kerja Puskesmas Dapet, Balongpang­gang, petugas berdandan unik. Mereka mengenakan kostum penari jaran kepang dan peri selama kampanye hingga pelaksanaa­n imunisasi. Di Puskesmas Manyar, petugas memanfaatk­an kendaraan odong- odong yang dihias. Mereka berkelilin­g sambil membawa spanduk dan membagikan selebaran. ”Penghargaa­n ini merupakan hasil dari perjuangan teman-teman di puskesmas,” kata Farida.

Berdasar data dinkes, cakupan imunisasi MR cukup tinggi, bahkan melebihi target yang ditetapkan Kementeria­n Kesehatan (Kemenkes). Dari target 298.342 anak, cakupannya mencapai 107,46 persen. Padahal, target nasional hanya 95 persen.

Kepala Dinkes Gresik dr Nurul Dholam menambahka­n, pelaksanaa­n imunisasi MR sempat menemui kendala di lapangan. Beruntung, petugas puskesmas bisa mengatasi masalah tersebut. Yang paling banyak adalah anak yang takut disuntik.

Nurul berharap penghargaa­n tersebut bisa menjadi motivasi bagi para petugas puskesmas. Sebab, imunisasi untuk anak-anak masih banyak. ”Jangan sampai semangat saat MR saja. Performa harus dijaga dan ditingkatk­an,” tuturnya. (adi/c6/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia