Jawa Pos

Penggerak Seni Teater Berpulang

-

SURABAYA – Seniman teater r Ilham J. Baday alias Ilham Anugrah h meninggal dunia Sabtu (11/11) pukul 21.10. Ilham mengembusk­an napas terakhir di RSUD dr Soetomo setelah berjuang satu bulan melawan penyakit hepatitis. Ilham m berpulang pada usia 44 tahun.

Menurut kakak almarhum, Yu- nus Jubair, kondisi Ilham mem- buruk sejak Rabu siang (8/11). . Setelah salat Subuh, Ilham jatuh h dan tak sadarkan diri di rumahnya, Jalan Kali Kepiting 11-2. Yunus lantas membawanya ke RSUD dr Soetomo. Sabtu pagi, kondisi Ilham memburuk hingga tutup usia.

Jenazah Ilham telah dikebumika­n di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karang Gayam Wetan Minggu (12/11) pukul 10.00. Almarhum merupakan bungsu di antara empat bersaudara, putra seniman lukis Amang Rahman Jubair dan Wasi Kasijati. Almarhum meninggalk­an seorang istri dan satu putra.

Di kalangan seniman Kota Pahlawan, Ilham merupakan sosok yang y aktif berkesenia­n. ”Dia itu motornya berbagai kegiatan kesenian,” ucap Luhur Kayungga, salah seorang sahabat Ilham. Sekjen Dewan Kesenian Surabaya itu mengenal Ilham sejak 1995. Tepatnya setelah Ilham menjadi volunter pada Festival Seni Surabaya (FSS).

Ilham juga bergabung dengan Kelompok Teater Api selama lebih dari dua tahun. Bersama Teater A Api, Ilham turut menghidupk­an seni Surabaya melalui karya. Salah satunya menjadi aktor pada pementasan drama Caligula karya Albert Camus yang ditampilka­n di berbagai kota. Ilham juga pernah menjabat ketua Teater Api pada 1999. Setelah itu, Ilham membentuk kelompok teater baru Museum of Mind (MOM). (esa/c6/jan)

 ??  ?? DOK. JAWA POS SELAMAT JALAN: Ilham J. Baday semasa hidupnya. IlhamJ
DOK. JAWA POS SELAMAT JALAN: Ilham J. Baday semasa hidupnya. IlhamJ

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia