Gagal Lolos, Rp 128,5 M Melayang

Jawa Pos - - Kualifikasi Pd 2018 -

LOLOS ke Piala Dunia 2018 tak hanya menaikkan gengsi dan prestasi. Sebagaimana diberitakan

Australian Associated Press ( AAP) kemarin (14/11), ada besaran uang yang hilang kalau sampai Australia tersingkir.

Ya, FIFA sudah mengucurkan kompensasi bagi tim yang lolos ke Rusia tahun depan. Setiap negara memperoleh USD 9,5 juta (Rp 128,53 miliar). Perinciannya, USD 1,5 juta (Rp 20,29 miliar) buat persiapan dan USD 8 juta (Rp 108,23 miliar) sebagai kompensasi tampil di fase grup Piala Dunia.

Kompensasi yang diperoleh bakal meningkat jika Australia bisa melewati fase grup. Kalau Australia lolos ke fase 16 besar, Federasi Sepak Bola Australia (FFA) bakal memperoleh gelontoran uang lagi dari FIFA sebesar USD 12 juta (Rp 162,35 miliar). Jika perjalanan Australia masih berlanjut sampai perempat final, FFA kembali akan mendapat uang USD 16 juta (Rp 216,47 miliar) dari FIFA.

Selain finansial, dampak negatif lain seandainya gagal lolos ke Rusia adalah me redupnya pamor liga. Kompetisi level tertinggi Australia, A-League, sejauh ini bersaing dengan J-League milik Jepang atau Chinese Super League (CSL) milik Tiongkok sebagai liga paling glamor di Asia.

”Lolos ke Piala Dunia 2018 menjadi bagian dari strategi pemasaran FFA untuk meningkatkan gairah sepak bola di Australia. Juga ada di Rusia untuk memperkuat branding Australia sebagai kiblat sepak bola Asia,” tulis AAP.

Pelatih Australia Ange Postecoglou juga sadar Piala Dunia 2018 berbanding lurus dengan nasibnya sebagai pelatih timnas. Lolos dipertahankan. Gagal dipecat. (dra/c9/bas)

SAEED KHAN/AFP PHOTO

HARUS LOLOS: Pemain Australia melakukan pemanasan sebelum berlatih di Sydney kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.