Jawa Pos

Amankan Peluang Dulu

-

BANDUNG – Sore nanti Persebaya mengawali langkah di babak 8 besar grup Y Liga 2. Klub kebanggaan Kota Pahlawan itu akan menghadapi PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung. Laga tersebut

bakal berjalan sangat seru karena keduanya adalah klub legendaris dan punya basis pendukung yang kuat.

Tidak ada pilihan lain, Persebaya harus menang pada laga perdana itu. Pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera sudah menyiapkan racikan khusus untuk meredam agresivita­s pemain-pemain PSIS. ’’Kami sudah mempersiap­kan cukup lama untuk laga ini. Jadi, kami harus menang,’’ ujar Alfredo.

Pelatih asal Argentina itu cukup puas dengan apa yang sudah ditampilka­n anak asuhnya dalam beberapa kali latihan. Variasi pergerakan dan rotasi permainan dirasa sudah berjalan maksimal. ’’Saya harap semua bisa berjalan baik besok (hari ini, Red),’’ lanjutnya.

Walau tidak bisa memainkan Misbakus Solikin yang masih cedera di kaki kiri, Alfredo memastikan hal itu tidak akan berpengaru­h banyak. Dia sudah ah menyiapkan beberapa opsi untuk k menggantik­an Solikin sebagai jenderal lapangan tengah. Nama Kurniawan Karman menjadi alternatif terkuat.

Karman memang jarang mendapat tempat di skuad Green Force. Dia sering dibangkuca­dangkan. Bahkan, pesepak bola asal Makassar itu kerap dimainkan sebagai bek sayap. Padahal, posisi aslinya adalah gelandang serang.

Alfredo menilai, sejauh ini Karman bisa berperan dengan baik sebagai pengatur serangan. Duetnya dengan M. Hidayat terlihat cukup padu. ’’Ini sepak bola, ada cedera dan tidak bisa bermain. Tim ini bukan hanya Solikin saja. Jadi, saya pikir pemain lain siap menggantik­annya,’’ jelasnya. Karman mengaku siap bila sore nanti jadi pilihan utama Alfredo di lini tengah Persebaya. Dia justru sangat percaya diri dan yakin bisa memberikan hasil yang maksimal untuk tim. ’’Ini posisi saya sebenarnya, jadi nyaman bermain. Grogi memang ada sebelum pertanding­an, tapi nanti di lapangan insya Allah semua lancar,’’ ucapnya.

Di sisi lain, pelatih PSIS Subangkit menegaskan, anak asuhnya siap menghadang langkah Persebaya pada laga perdana babak 8 besar grup Y. Dia sudah menyiapkan resep khusus untuk mematikan

winger lawan yang dikenal cepat dan punya skill bagus. ’’Kami juga punya winger-winger yang bagus. Jadi, menurut saya, tidak ada masalah,’’ tuturnya.

Cederanya Solikin pun, menurut Subangkit, bukan sebuah keuntungan. Sebab, tim inti dan pelapis Persebaya sama-sama bagus. ’’Mereka punya banyak pemain tengah yang ku kualitasny­a bagus-bagus. Jadi, Perseba Persebaya tetaplah kuat tanpa Solikin,’’ ujarnya. (rid/c17/tom)

 ?? GRAFIS: BOEDIONO/JAWA POS ??
GRAFIS: BOEDIONO/JAWA POS
 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ??
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia