Periksa Sistem Pendingin pada Mesin Mobil

Jawa Pos - - 8 Besar Liga 2 -

MEMASTIKAN sarang radiator terbebas dari segala macam kotoran, memeriksa semua saluran pendingin dari kebocoran, dan melihat apakah tali kipas ( fan belt) sudah terpasang dengan baik merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya overheat pada mesin mobil.

Namun, selain hal-hal tersebut di atas, yang hendaknya dilakukan sebelum Anda pergi berkendara adalah memeriksa level air radiator di botol overflow- nya. Periksa tutup radiator, kalau karet pada tutup tersebut sudah getas atau terlihat ada retakan, sebaiknya segera diganti. Sebab, itu berarti komponennya sudah tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Setelah itu, periksalah bagian bawah mobil apakah ada tetesan air ( coolant). Kalau ada, segera bawa ke bengkel karena itu berarti ada kebocoran pada sistem pendingin.

Setelah semua perbaikan tersebut dilakukan dan ternyata suhu mobil masih lebih tinggi daripada yang seharusnya saat digunakan, ada baiknya memeriksa thermostat, termasuk switch- nya. Periksa juga water pump untuk memompa air dari dalam radiator dan diteruskan ke sistem pendingin mobil.

Sementara itu, khusus untuk mobil-mobil tua, kalau masalah overheat masih mengganggu, tak ada salahnya melakukan semi overhaul agar sisa pembakaran (deposit) di ruang bakar bisa dibersihkan. Tetapi, sebelum mengambil langkah itu, berkonsultasilah dengan mereka yang lebih paham, apakah langkah perbaikan tersebut sudah selayaknya dilakukan atau belum karena biaya yang harus dikeluarkan cukup besar. (tih/c7/wir)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.