Jawa Pos

Timnas Gelar Latihan Tertutup

-

JAKARTA – PSSI, rupanya, tidak ingin kekuatan tim nasional (timnas) proyeksi Asian Games 2018 tercium pihak luar. Buktinya, mereka memutuskan menutup akses publik untuk menonton latihan tim asuhan Luis Milla tersebut. Kebijakan itu berlaku mulai kemarin (14/11) saat sesi latihan perdana timnas di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Awak media yang tiba di stadion sejak siang dilarang masuk ke stadion. Mereka hanya boleh berkumpul di lobi stadion. Menurut salah seorang petugas keamanan, larangan bagi awak media masuk ke stadion tersebut adalah instruksi dari PSSI. ’’Kami hanya menjalanka­n instruksi,’’ tegas petugas keamanan tersebut.

Hasilnya, para awak media tidak bisa melakukan pengamatan langsung terhadap program latihan yang diberikan Milla. Beruntung, Bima Sakti selaku asisten pelatih timnas masih bersedia memberikan keterangan. Uniknya, Bima juga tidak tahu bahwa ada larangan peliputan terhadap latihan perdana timnas menjelang uji coba internasio­nal tersebut.

’’Saya juga baru tahu bahwa ini program latihan tertutup. Saya pikir ini adalah kebijakan dari pengelola stadion, bukan dari Luis Milla,’’ kata Bima. ’’ Tapi, saya pastikan kami tidak akan menutup informasi apa pun terkait dengan perkembang­an pemain dan tim kepada masyarakat, apalagi ke media,’’ papar mantan pemain Persiba Balikpapan tersebut.

Dia lantas menjelaska­n, latihan yang berlangsun­g hampir dua jam itu dimaksimal­kan ke semua lini. Seharusnya, lanjut Bima, ada 33 pemain yang dipanggil Milla untuk mengikuti latihan. Namun, baru 24 pemain yang bergabung dalam latihan perdana tersebut. Mayoritas adalah pemain U-22 yang diproyeksi­kan untuk memperkuat Indonesia di Asian Games Jakarta dan Palembang tahun depan. Padahal, khusus untuk timnas U-22, Milla memanggil 25 pemain.

Salah seorang pemain dari Garuda Muda –julukan timnas U-22– yang absen tersebut adalah Yabes Roni, pemain Bali United. Bima menyatakan bahwa Yabes belum bisa bergabung karena ada keperluan keluarga. ’’Dia ( Yabes, Red) izin untuk beberapa hari karena ada keluargany­a yang meninggal,’’ ungkap Bima.

Ilija Spasojevic, striker naturalisa­si Bhayangkar­a FC yang baru saja dipercayak­an Milla, sedianya akan bergabung. ’’Saya baru bergabung dengan latihan tim pada Jumat besok,’’ ucap Spaso, sapaan akrabnya.

Latihan tertutup kemarin sekaligus menjadi ajang persiapan untuk uji coba internasio­nal melawan timnas Syria U-23 besok (16/11) dan Sabtu (18/11). Juga uji coba ketiga melawan timnas Guyana pada 25 November. (ben/c14/bas)

 ?? PSSI FOR JAWA POS ?? RAHASIAKAN KEKUATAN: Luis Milla (tengah) memberikan contoh mendribel bola kepada pemainnya di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, kemarin.
PSSI FOR JAWA POS RAHASIAKAN KEKUATAN: Luis Milla (tengah) memberikan contoh mendribel bola kepada pemainnya di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia