Jawa Pos

Empat Tongkat Komando Berpindah Tangan

-

SURABAYA – Tongkat komando empat pimpinan satuan di TNI-AL berpindah tangan. Perpindaha­n itu ditandai dengan serah terima jabatan (sertijab) yang berlangsun­g di Dermaga Ujung, Komando Armada Kawasan Timur (Koarmatim) Surabaya, kemarin (14/11).

Satuan yang berganti pimpinan adalah Koarmatim; Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Kodiklatal); Pusat Penerbanga­n Angkatan Laut (Puspenerba­l); serta Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal)

Laksamana Muda TNI Darwanto yang semula menjabat panglima Koarmatim digantikan Laksamana Pertama TNI Didik Setiyono. Selanjutny­a, Darwanto menggantik­an Laksamana Muda TNI IG Putu Wijamahaad­i yang memasuki masa purnatugas. Sebelumnya, Wijamahaad­i menjabat komandan Kodiklatal Surabaya.

Untuk pimpinan Puspenerba­l, Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangki­r digantikan Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya Setiawan. Terakhir, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo digantikan Laksamana Pertama TNI Sulistiyan­to.

Upacara serah terima jabatan tersebut dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi. Dia mengatakan, bagian terpenting organisasi adalah kepemimpin­an. Ada tanggung jawab yang diemban. ’’Salah satunya, SDM prajurit harus memiliki kompetensi,’’ katanya.

Pimpinan baru di masing-masing satuan harus bisa mengemban amanah tersebut. Dia juga menekankan bahwa pergeseran di tataran pimpinan merupakan hal biasa. ’’Tujuannya, meningkatk­an serta meratakan kemampuan prajurit TNI-AL,’’ jelasnya.

Ade juga mengimbau empat pejabat baru itu untuk segera menjalanka­n aktivitasn­ya. Sebab, banyak tugas yang menanti. ’’Maksimalka­n fungsi masingmasi­ng satuan,’’ ucap lelaki yang pernah menjabat panglima Koarmatim pada 2011 tersebut.

Upacara dimulai pukul 08.00. Perwira tinggi maupun menengah hadir di acara tersebut. Begitu juga Gubernur Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, serta undangan dari kalangan pengusaha dan akademisi.

Sertijab tersebut juga diwarnai aksi tari kolosal dari ratusan anggota Kowal di wilayah Surabaya. Tarian mereka diiringi lagu-lagu khas daerah. Selain itu, ada atraksi lima pesawat yang diterbangk­an anggota satuan Puspenerba­l. Pesawat-pesawat tersebut terbang rendah dan melintas di depan tamu undangan.

Upacara ditutup dengan defile pasukan. Sekitar 1.000 personel dari berbagai satuan tampil di momen tersebut. Panglima Koarmatim Laksamana Pertama TNI Didik Setiyono mengatakan, pesanpesan yang disampaika­n KSAL Laksamana TNI Ade Supandi merupakan perintah. Dia memiliki tanggung jawab untuk melaksanak­an amanah tersebut. ’’Itu salah satu langkah yang akan saya laksanakan,’’ tegasnya. (riq/c7/oni)

 ?? AHMAD KHUSAINI / JAWA POS ?? PERWIRA-PERWIRA PEMIMPIN: Dari kiri, Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangki­r, Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, Laksamana Muda TNI Darwanto, Laksamana TNI Ade Supandi, Laksamana Muda TNI IG Putu Wijamahaad­i, Laksamana Muda TNI Didik...
AHMAD KHUSAINI / JAWA POS PERWIRA-PERWIRA PEMIMPIN: Dari kiri, Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangki­r, Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, Laksamana Muda TNI Darwanto, Laksamana TNI Ade Supandi, Laksamana Muda TNI IG Putu Wijamahaad­i, Laksamana Muda TNI Didik...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia