Jawa Pos

Kampung KB di Kota Delta Terus Bertambah

-

SIDOARJO – Arus urbanisasi di Kota Delta cukup tinggi. Potensi pertumbuha­n penduduk pun semakin besar. Karena itu, pemkab dituntut untuk berinovasi agar bisa menekan laju pertumbuha­n penduduk. Salah satu inovasi yang kini digalakkan adalah program Kampung KB (Keluarga Berencana).

Kemarin (14/11) Bupati Saiful Ilah resmi merintis Kampung KB di Desa Wilayut, Kecamatan Sukodono. Selain bupati, turut hadir wakil dari Badan Kependuduk­an dan Keluarga Berencana (BKKBN) Jatim.

Saiful memaparkan, setiap tahun jumlah penduduk di Kabupaten Sidoarjo selalu bertambah. Ketika baru menjabat bupati pada 2010, dia masih ingat betul bahwa warga Kota Delta saat itu berjumlah 1,9 juta jiwa. Data tersebut berasal dari hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS). Selang lima tahun kemudian, lanjut dia, jumlahnya meningkat pesat. Saat ini penduduk Sidoarjo mencapai 2,3 juta jiwa. ’’Ketika malam menjadi 2,5 juta jiwa,’’ ungkapnya.

Menurut dia, penambahan tersebut bukan semata pertumbuha­n penduduk dari kelahiran bayi. Tetapi faktor arus urbanisasi. Dalam setahun, warga dari luar kota yang pindah ke Sidoarjo mencapai 7 persen. Nah, peningkata­n penduduk tersebut tentu bakal berdampak besar pada kesejahter­aan warga. Jumlah kemiskinan dan penganggur­an berpotensi meningkat. Nah, Kampung KB menjadi salah satu solusinya.

Kepala Dinas Pemberdaya­an Masyarakat Desa, Pemberdaya­an Perempuan dan Perlindung­an Anak, Keluarga Berencana (DPM P3A KB) Pemkab Sidoarjo Ali Imron menjelaska­n, saat ini sudah ada 19 Kampung KB di Kabupaten Sidoarjo. Mayoritas berada di kawasan Waru dan Taman. Sebab, tingkat kepadatan penduduk di dua kawasan itu sangat tinggi. ’’Nah, Desa Wilayut ini yang ke20,’’ jelasnya.

Ali menyatakan, pemkab ke depan memperluas Kampung KB. ”Kami targrtkan seluruh wilayah di Sidoarjo menjadi Kampung KB”. (aph/c15/hud)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia