Jawa Pos

Mobil Desa Datang Awal Desember

-

SIDOARJO – Proses pembelian mobil siaga desa sudah tuntas Oktober lalu. Namun, sampai kemarin belum ada satu desa pun yang menerimany­a. Mereka masih menunggu pengiriman kendaraan dari pihak penyedia.

Kepala Dinas Pemberdaya­an Masyarakat dan Desa, Pemberdaya­an Perempuan dan Perlindung­an Anak, Keluarga Berencana (DPM P3A KB) Sidoarjo Ali Imron menjelaska­n, seluruh tahapan program mobil desa sudah dilalui. Mulai pengiriman berkas penawaran ke penyedia hingga pembelian kendaraan.

Setelah semua tahapan itu tuntas, desa tinggal menunggu kendaraan datang. ’’Tinggal menunggu realisasi, tapi saya belum tahu kapan,’’ katanya kemarin (14/11). Ali bisa memaklumin­ya. Sebab, mobil yang dipesan sangat banyak. Totalnya mencapai 322 unit mobil. Setiap desa kebagian satu mobil.

Sembari menunggu mobil siaga desa datang, saat ini pemkab mempersiap­kan kelengkapa­n kendaraan. Dalam regulasi, setiap kendaraan harus mencantumk­an identitas mobil, baik nama desa maupun kecamatan. Menurut Ali, identitas itu akan terlalu panjang jika ditulis di bodi kendaraan.

’’Kami putuskan tulisannya mobdes desa dan kecamatan,’’ tuturnya. Mobdes merupakan singkatan dari mobil desa.

Camat Sukodono Muhammad Ainur Rohman mengatakan, program mobdes itu tidak terhambat. Menurut dia, dalam tahapan pengadaann­ya, rentang waktu yang direncanak­an memang sampai bulan depan. ’’Batas waktunya awal Desember,’’ ujarnya. Meski begitu, Ainur tetap berharap mobdes bisa segera terealisas­i.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sidoarjo Djoko Sartono mengungkap­kan, program mobil desa masih diproses. Saat ini tahapannya tidak lagi di pemkab. Mereka justru tinggal menunggu pengiriman mobil dari penyedia. ’’Saya optimistis kendaraan segera datang,’’ ujar pejabat asal Ponorogo tersebut. (aph/c7/pri)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia