Jawa Pos

Hanya Lima Investor Ikut Lelang

Proyek Produksi Air Bersih di BGS

-

GRESIK – PDAM Giri Tirta Gresik langsung tancap gas setelah penjajakan calon investor. Tahapan berikutnya, mereka melakukan prakualifi­kasi. Yaitu, penilaian kemampuan calon investor yang menggarap proyek air bersih Bendung Gerak Sembayat (BGS) dengan kapasitas seribu liter per detik.

’’Kami seleksi apakah layak dan memenuhi syarat yang ditentukan,’’ papar Direktur PDAM Giri Tirta Gresik Muhammad kemarin (14/11).

Prakualifi­kasi akan dilakukan akhir bulan ini. Dari 25 perusahaan yang ikut penjajakan Sabtu lalu (11/11), satu per satu akan diverifika­si. Mulai riwayat pengalaman menggarap proyek serupa, kondisi keuangan perusahaan, hingga track record korporasi. ’’Prakualifi­kasi akan sangat teliti. Jangan sampai permasalah­an muncul saat lelang nanti. Hasilnya, hanya ada lima investor qualified yang kami pilih mengikuti lelang,’’ ujar Muhammad.

Prakualifi­kasi membutuhka­n waktu dua bulan. Jadi, Januari 2018 proses lelang sudah mulai. Muhammad menambahka­n, saat menentukan lima perusahaan yang ikut lelang, pihaknya melibatkan Badan Peningkata­n Penyelengg­araan Sistem Penyediaan Air Minum (BPP SPAM) Kementeria­n Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Instansi tersebut sangat berpengala­man menentukan suksesnya proyek PDAM di berbagai daerah.

Muhammad menyebutka­n, pemenang lelang bisa lebih dari satu perusahaan. Dengan begitu, proyek produksi air bersih BGS menggunaka­n sistem konsor- sium. ’’Mudah-mudahan bisa bagi peran. Misalnya, ada yang berfokus menyokong pendanaan, konstruksi, dan pengelolaa­n air,’’ imbuhnya.

Adapun pekerjaan fisik ditarget mulai Desember 2018. Dalam

pengembang­an PDAM, konstruksi fisik bisa dikerjakan dalam jangka waktu setahun. Nah, jika berjalan lancar, air bersih BGS sudah bisa dimanfaatk­an pada 2020.

Sebagaiman­a diketahui, PDAM Gresik berupaya menambah kapasitas produksi dengan memanfaatk­an air BGS. Kapasitas produksi air direncanak­an seribu liter per detik dengan nilai investasi Rp 790 miliar. Dengan kapasitas tersebut, air baku BGS dimanfaatk­an untuk memasok air bersih ke kalangan industri. Terutama area industri di Jalan Daendels, Gresik, dan Kebomas. Selain itu, ditingkatk­an cakupan pelayanan ke pelanggan rumah tangga di Gresik Utara, wilayah perkotaan, dan Gresik Selatan. (mar/c4/dio)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ??
UMAR WIRAHADI/JAWA POS
 ??  ?? mapping
mapping

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia