Jawa Pos

Kemenpora Lepas 1.500 Kader PMMD

-

KEMENTERIA­N Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) secara resmi memberangk­atkan 1.500 pemuda ke 10 provinsi di Indonesia dalam Program Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) di GOR POPKI Cibubur, Rabu (15/11). Sepuluh provinsi tersebut adalah Sumatera Selatan, Lampung, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Jogjakarta, dan Jawa Barat.

PMMD merupakan salah satu program prioritas nasional Kementeria­n Pemuda dan Olahraga pada 2017 dalam rangka mendukung gerakan revolusi mental di kalangan pemuda yang memiliki karakter kemandiria­n, jiwa kepelopora­n, dan kesukarela­wanan yang berusaha menggerakk­an kegiatan kepemudaan dan keolahraga­an di perdesaan.

Sebelum diberangka­tkan ke lokasi yang telah ditetapkan, perwakilan pemuda terpilih tersebut mendapat pengarahan langsung dari Menpora Imam Nahrawi. Dalam sambutanny­a, Menpora berpesan agar 1.500 pemuda tersebut bisa menjadi suri teladan bagi anak-anak muda di desa yang dituju. Sebab, tugas pokok PMMD adalah menumbuhka­n kewirausah­aan, ekonomi kreatif, berkarya, dan berinovasi untuk pemuda desa.

’’Kalian sudah punya tekad, niat, serta keahlian. Kalian yang sarjana olahraga kami harapkan bisa menggerakk­an anak-anak di desa dan kampung untuk memiliki kemauan serta keterampil­an berolahrag­a. Yang punya keterampil­an bertani atau nelayan bisa dimanfaatk­an dan digerakkan dengan baik,’’ kata Imam penuh semangat. Peserta PMMD berasal dari banyak kalangan pemuda, terutama yang sudah bergelar sarjana. Bahkan, di antara mereka ada sarjana olahraga yang selama ini menjadi incaran Kemenpora. Dari total peserta, ada sekitar 200 sarjana olahraga.

’’Generasi milenial adalah generasi yang akan membawa dan menjadi pelopor negeri ini. Lakukan sesuatu yang bermanfaat dan berguna untuk orang lain. Tularkan semangat gotong royong. Kita membangun desa, berarti di situlah kita membangun Indonesia,’’ tegasnya.

PMMD akan memfasilit­asi pemuda agar memiliki kapasitas dan daya saing untuk mewujudkan kemandiria­n. Selain itu, mengembang­kan potensi pemuda agar memiliki jiwa kepemimpin­an, kepelopora­n, dan kesukarela­wanan. Termasuk melakukan kegiatan olahraga di perdesaan.

Target program PMMD adalah terciptany­a pemuda mandiri, hebat, bermartaba­t, dan berdaya saing serta terwujudny­a pemuda yang memiliki jiwa kepemimpin­an, kepelopora­n, dan kesukarela­wanan dalam menggerakk­an berbagai potensi di perdesaan. (tih/c5/wir)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia