Jawa Pos

Terus Benahi Lusi-Intako

-

SIDOARJO – Lumpur Sidoarjo (Lusi) dan Koperasi Intako Tanggulang­in gagal memuncaki Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017. Lusi yang masuk kategori Objek Wisata Unik Terpopuler berada di posisi ketiga dengan perolehan suara sebanyak 12,1 persen. Posisinya berada di bawah Pulau Kakaban, Kabupaten Berau, Kaltim, dan Gua Jomblang di Gunung Kidul, Jogja.

Sementara itu, Intako berada di posisi keempat dalam kategori Objek Wisata Belanja Terpopuler. Dari polling yang ditutup 31 Oktober lalu, Intako hanya meraup 12,5 persen suara.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pemuda, Pariwisata, Olahraga (Disparpora) Sidoarjo Djoko Supriyadi menyatakan, pihaknya sudah berusaha maksimal agar dua objek wisata andalan Kota Delta tersebut memenangi kompetisi yang diselengga­rakan Kementeria­n Pariwisata. Salah satunya, memberikan potongan harga bagi masyarakat untuk memanfaatk­an sejumlah fasilitas umum (fasum) dengan syarat ikut memberikan suara melalui SMS.

’’ Tapi, apa boleh buat,’’ katanya kemarin (15/11). Kendati Lusi dan Intako gagal menempati posisi teratas, Djoko memastikan pengembang­an keduanya tidak akan berhenti. Apalagi, hal itu sudah masuk rencana induk pengembang­an pariwisata daerah (riparda).

Misalnya, dengan menjadikan Taman Apkasi di sisi timur Lusi sebagai salah satu pusat pariwisata di kawasan selatan. Nanti juga dibangun lahan parkir untuk menampung kendaraan wisatawan yang hendak menuju Lusi. ’’Selain itu, kami merancang pusat oleh-oleh di kawasan tersebut,’’ ungkap pria kelahiran Lumajang itu.

Djoko menjelaska­n, saat ini pemkab juga sedang menyusun jalur bus pariwisata terpadu. Targetnya, melayani warga dan wisatawan yang hendak berkunjung ke Intako dan Lusi. Termasuk kawasan wisata bahari Tlocor, Jabon. (jos/c20/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia