Jawa Pos

Lesehan Dulu, Baru Materi

-

TIDAK jauh beda dengan PAUD IT Pintar. Anak TK Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sidorejo juga baris bersama sebelum masuk lingkungan sekolah. Satu per satu bersalaman dengan para guru. Setelah itu, mereka diajak berkumpul di halaman sekolah. Anak-anak diajak senam selama 10 menit.

Biasanya hanya satu lagu. Sebagai pemanasan sebelum masuk kelas. Dengan begitu, anak-anak diharapkan fresh saat belajar di kelas. Setelah senam, anak-anak masuk ke kelas masing-masing. Tetapi tidak sampai duduk di kursi. Mereka diajak duduk lesehan di depan kelas. ’’Ada bangku, tapi sebelum belajar selalu lesehan dulu,’’ kata Kepala TK DWP Sidorejo, Kecamatan Krian, Artanti.

Lesehan atau duduk di lantai bersama itu berlangsun­g selama 30 menit di depan kelas. Aktivitas tersebut merupakan pemanasan sebelum belajar. ’’Dibentuk lesehan biar anak-anak lebih fokus dan lebih dekat dengan teman di sampingnya,’’ tambahnya.

Lesehan diawali dengan doa. Kemudian, dilanjutka­n bernyanyi dan bergerak bersama. Tidak jauh beda dengan di PAUD IT Pintar. Guru awalnya mencontohk­an, lalu siswa mengikuti. ’’Memang, kegiatan itu efektif untuk memberikan semangat di pagi hari,” lanjut kepala TK sejak 2007 itu.

Setelah semangat siswa mulai naik, guru baru menyampaik­an tema dan kegiatan yang akan dilangsung­kan. Kemarin, misalnya, Putri Eka Wahyuni, guru TK B2, menyampaik­an tema tanaman ke anak didiknya. Dia juga membawa tanaman ke kelas sebagai media belajar.

’’Ini tanaman apa anak-anak?’’ tanya Wahyuni ke anak didiknya sambil mengangkat tanaman. ’’ Bayaaam,’’ sahut anak-anak kompak. Dia lantas melanjutka­n dengan menjelaska­n bagian-bagian bayam. Antara lain, akar, batang, cabang, daun, dan warna tanaman tersebut.

Jika temanya lingkungan, anak bisa diajak keliling sekolah lebih dulu. Tujuannya, anak mengamati lingkungan sekitar sekolah. Setelah itu, mereka diminta mendeskrip­sikan apa saja yang ditemui. (uzi/c15/ai)

 ??  ?? SHELA TAMARA/JAWA POS MEDIA BELAJAR: Guru TK DWP Sidorejo Putri Eka Wahyuni membawa tanaman ke dalam kelas kemarin.
SHELA TAMARA/JAWA POS MEDIA BELAJAR: Guru TK DWP Sidorejo Putri Eka Wahyuni membawa tanaman ke dalam kelas kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia