Jawa Pos

Jalan Raya Nyaris Habis

-

GRESIK – Beginilah kondisi kawasan Pasar Kota. Meski berkali-kali menjadi sorotan tajam masyarakat, keruwetan daerah sekitar Pasar Kota itu tidak juga diatasi. Sudah digunakan parkir kendaraan, ditempati PKL pula. Jalan semrawut.

Kawasan Pasar Kota, termasuk Jalan Kalitutup, sebenarnya menyempit gara-gara digunakan untuk parkiran. Hampir separo jalan di sepanjang pasar ditempati deretan kendaraan. Akhir-akhir ini, kondisinya semakin semrawut. Pemicunya adalah deretan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di seberang parkiran.

Dulu, sebenarnya hanya ada dua pedagang insidentil. Namun, karena dibiarkan, jumlahnya semakin banyak. Bahkan, mereka nekat memasang tenda semiperman­en. Ruas jalan nyaris habis.

Kemacetan kerap terjadi, terutama saat akhir pekan. Jalan raya hanya bisa dilintasi satu kendaraan roda empat. ”Jika ada mobil papasan, yang satu harus mengalah,” kata Irwansyah, warga Jalan KH Kholil kemarin.

Kondisi dalam Pasar Kota juga kambuh lagi. Pemilik stan kembali nekat memakai jalan akses untuk membuat tambahan tempat jualan. Terutama pemilik kios di pintu masuk bagian depan. Tak tanggung- tanggung, hampir separo jalan masuk yang digunakan.

Meski demikian, ada juga pemilik stan yang tetap taat aturan. ”Tapi, kenapa yang melanggar tidak ditertibka­n?” kata seorang pemilik kios di Pasar Kota. Mengapa sulit tertib? Kabaghumas Pemkab Suyono menegaskan, sejatinya penertiban kawasan pasar terus dilakukan semua instansi terkait. ”Namun, prosesnya bertahap,” katanya.

Apalagi, kata Suyono, pemkab tetap berusaha menggunaka­n jalur persuasif untuk menata kawasan pasar. ” Yang jelas, penertiban tetap dilakukan,” ujarnya. (ris/c21/roz)

 ?? ARIS IMAM/JAWA POS ?? TAMBAH SEMPIT: Seperti inilah kondisi di kawasan timur pasar. Tak hanya dipadati kawasan parkir yang mengambil separo jalan, kini jalur itu ketambahan deretan PKL.
ARIS IMAM/JAWA POS TAMBAH SEMPIT: Seperti inilah kondisi di kawasan timur pasar. Tak hanya dipadati kawasan parkir yang mengambil separo jalan, kini jalur itu ketambahan deretan PKL.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia