Jawa Pos

’’Bahayanya’’ Berswafoto

-

TERSENYUM saat berswafoto memang tidak salah. Tapi, perhatikan situasi dan kondisinya. Sebab, senyum saat selfie bisa membuat seseorang dipecat.

Itulah yang dialami Ling. Penyiar radio asal Provinsi Anhui, Tiongkok, tersebut kehilangan pekerjaan gara-gara berfoto di depan sisa kecelakaan. Sambil tersenyum pula

Sebab, di bagian sayap tiga jet terpampang tulisan ”Vamos Peru”.

Menurut New Zealand Herald, itu hanyalah satu di antara serangkaia­n ”teror” kepada Selandia Baru. Yang dimulai sejak tim asuhan Anthony Hudson itu tiba di Lima pada Selasa malam (14/11).

Penjemputa­n rombongan All Whites –sebutan timnas Selandia Baru– misalnya, terlambat dari jadwal. Waktu tempuh menuju hotel, Hotel JW Marriott, juga sangat lambat meski berlangsun­g malam. Puncaknya, Rabu, sekitar pukul 03.00, ada pesta kembang api yang bising di sekitar hotel All Whites.

Entah, apakah berbagai trik itu benar-benar meneror atau tidak, yang pasti, Peru akhirnya bisa mengandask­an Selandia Baru 2-0 (0-0) dalam second leg playoff interkonti­nental pada Rabu malam (Kamis pagi WIB, 16/11) di Stadion Nasional, Lima. Peru pun lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia karena unggul agregat 2-0.

Peru menjadi tim terakhir yang merebut tiket ke Rusia. Itulah keberhasil­an pertama Peru lolos ke Piala Dunia dalam 35 tahun terakhir. Penampilan terakhir mereka di ajang olahraga terakbar sejagat tersebut terjadi pada Piala Dunia 1982 di Spanyol.

”Saya menjanjika­n (kelolosan, Red) ini kepada Paolo (Guerrero). Saya berterima kasih kepada seluruh fans yang memberikan dukungan luar biasa kepada kami,” tutur Jefferson Farfan, pencetak gol pertama Peru, sembari berlinang air mata seperti dilansir Peru 21 seusai pertanding­an.

Guerrero, penyerang andalan Peru, tak bisa turun di laga tersebut karena tersandung kasus doping. Farfan pun memamerkan jersey nomor 9 Guerrero sebagai bagian selebrasi golnya kemarin.

Farfan membobol gawang All Whites pada menit ke-27. Mengutip Goal, selebrasi di Lima lantaran gol tersebut sampai membuat Earthquake Network, aplikasi pemantau gempa, bereaksi. Mengirimka­n sinyal adanya gempa tak lama sesudah gol Farfan yang lantas dilengkapi gol Christian Ramos pada menit ke-65 itu.

Namun, para pemantau segera memastikan tak ada gempa. ” Tampaknya, selebrasi warga Peru yang membuat aplikasi ini aktif,” tulis Sismologia Chile, akun yang terkait dengan Earthquake Network. (dra/c10/ttg)

 ?? WHATSONWEI­BO ??
WHATSONWEI­BO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia