Jawa Pos

Wow, Penjahat Sekarang Pakai Semprotan Bius

-

MODUS kriminalit­as termasuk salah satu materi yang cukup sering dijadikan hoax. Tujuannya bukan agar masyarakat lebih waspada. Tapi membikin resah. Misalnya yang tersebar dalam pesan berantai tentang merebaknya penjahat menggunaka­n spray berisi bius. Sasarannya adalah pengguna motor yang parkir di depan mesin ATM.

Pesan itu banyak diunggah dalam bentuk status akun pengguna media sosial. Isinya imbauan kewaspadaa­n bagi pengguna roda dua yang hendak mengambil uang di ATM. Mereka diminta berhati-hati dalam meletakkan helm. Sebab, penjahat kini bersenjata spray berisi obat bius hirup. Bius tersebut disemprotk­an di helm yang diletakkan begitu saja di sepeda motor.

Menurut pesan tersebut, helm yang sudah tersemprot akan membuat penggunany­a pingsan beberapa saat setelah dikenakan. Penjahat yang mengikuti pengguna motor kemudian mengambil harta benda yang dibawa korban dengan mudah. Sebab, korban sudah tidak berdaya.

Dalam pesan itu juga disebutkan, modus menggunaka­n spray bius sudah terjadi di Probolingg­o, Surabaya, Malang, Batu, dan Blitar. Semua korban dirampok setelah mengunjung­i mesin ATM. Pembuat pesan juga meminta menyebarka­n pesan tersebut ke grup- grup WhatsApp.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera saat dikonfirma­si menyatakan bahwa modus tersebut tidak pernah terjadi di wilayah Jatim. ’’Ini hoax,’’ tegasnya. Menurut dia, di medsos sekarang banyak hoax. Karena itulah, dia menyaranka­n pengguna medsos selektif dalam menerima informasi dan tidak langsung percaya. Apalagi langsung menyebarka­nnya. (eko/gun/c19/fat)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia