Jawa Pos

Polri Rotasi Perwira Tinggi

-

JAKARTA – Gerbong mutasi pati Polri terus bergerak. Kemarin (16/11) posisi inspektur pengawasan umum (Irwasum) dan kepala badan pemelihara­an keamanan (Kabaharkam) Polri resmi diemban pejabat baru. Kapolri Jenderal Tito Karnavian melantik Komjen Putut Eko Bayuseno menjadi Irwasum dan Komjen Moechgiyar­to menjadi Kabaharkam di ruang Rupatama, Mabes Polri.

Dalam pelantikan tersebut, tampak sejumlah pejabat utama Polri. Di antaranya, Wakapolri Komjen Syafruddin, Kalemdikla­t Komjen Unggung Cahyono, dan Kabareskri­m Komjen Ari Dono Sukmanto. Ditemui setelah pelantikan, Putut mengungkap­kan bahwa jabatan sebagai Irwasum merupakan amanah dan harus dijalankan dengan baik. ”Ini amanah yang harus diemban,” papar jenderal berbintang tiga itu.

Yang akan dilakukan dengan jabatan baru tersebut adalah melanjutka­n rencana operasi. ’’Semua sudah ada rencana kerjanya. Saya melanjutka­n yang sudah dilakukan Komjen Dwi Priyatno, semoga bisa berhasil,” jelasnya. Yang juga penting adalah terkait tugas Irwasum menjadi ketua Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Menurut dia, perlu evaluasi terkait pengawasan internal dan eksternal. Akan dilihat bagaimana laporan-laporan dari masyarakat, mana yang harus dipriorita­skan.

Putut berharap partisipas­i masyarakat dalam memberikan informasi terkait pemberanta­san pungli menjadi lebih tinggi. ”Kami akan memanfaatk­an semua informasi dari masyarakat,” paparnya

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjelaska­n, sebagai pejabat Polri, Irwasum dan Kabaharkam harus setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI. ”Semua harus ditaati. Harus menjalanka­n tugas kedinasan dengan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Komjen Putut digeser menjadi Irwasum dari sebelumnya menjabat Kabaharkam. Sedangkan Komjen Moechgiyar­to menjadi Kabaharkam setelah menjabat kepala Lembaga Pendidikan Polri. Sementara itu, Komjen Dwi Priyatno saat ini memasuki masa pensiun. Dalam beberapa bulan Komjen Dwi menjadi Kasatgas Saber Pungli, ratusan kasus berhasil diungkap. (idr/c17/oki)

 ??  ?? BERANTAS PUNGLI: Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kiri) melantik Irwasum Polri Komjen Putut Eko Bayuseno dan Kabaharkam Komjen Moechgiyar­to (kanan) kemarin (16/11).
BERANTAS PUNGLI: Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kiri) melantik Irwasum Polri Komjen Putut Eko Bayuseno dan Kabaharkam Komjen Moechgiyar­to (kanan) kemarin (16/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia