Jawa Pos

Petualang Inggris Ditemukan

-

PAPUA P NUGINI – Hilang sejak pertengaha­n Oktober dan membuat cemas keluarga besar, Benedict Allen akhirnya ditemukan. K Kemarin (16/11) BBC melaporkan bahwa pe petualang Inggris 57 tahun itu terlihat di dekat landasan pacu di pedalaman Papua Nugini. ”Dia minta segera dievakuasi. Kini kami sedang berusaha menolongny­a,” kata Frank Gardner dari BBC.

Hari ini (17/11) rencananya pemerintah Papua Nugini mengirimka­n helikopter ke lokasi tersebut untuk menolong Allen. Sebab, lokasi tersebut tidak bisa diakses lewat jalur darat.

Keberadaan Allen di dekat landasan pacu itu kali pertama dilaporkan oleh seorang ketua suku setempat. Begitu melihat orang asing di dekat landasan pacu, dia langsung melapor ke pihak berwajib. Tak lama kemudian, aparat meninjau lokasi kejadian dan memutuskan untuk melakukan evakuasi lewat jalur udara.

Sejauh ini, belum jelas penyebab pasti hilangnya Allen. Tapi, menurut laporan, sang petualang solo itu terjebak di tengah perang saudara.

Dia pun kemudian bersembuny­i demi keselamata­nnya. Gara-gara itu, dia terpaksa membatalka­n niatnya untuk bertemu suku Yaifo yang sangat tertutup.

Jo Sarsby, asisten Allen, mengatakan bahwa pria tersebut memang sangat suka bertualang. Sebelum raib, dia sempat mencuit pada 11 Oktober tentang petualanga­nnya di Papua Nugini. Bahkan, dia berpesan agar tidak usah dicari. Namun, saat dia melewatkan penerbanga­n ke Hongkong pada Senin (13/11), keluarga langsung khawatir dan melakukan pencarian. (BBC/hep/c6/ttg)

 ??  ?? REKOR: Salvator Mundi di balai lelang Christie, London (24/10).
REKOR: Salvator Mundi di balai lelang Christie, London (24/10).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia