Jawa Pos

MA Kamboja Bubarkan Partai Oposisi

Buka Jalan bagi PM Hun Sen Berkuasa Lagi

-

PHNOM PENH – Peluang Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen untuk melanjutka­n kekuasaan terbuka lebar. Sebab, partai oposisi utama, Partai Penyelamat­an Nasional Kamboja (CNRP), kemarin (16/11) resmi dibubarkan

Pembubaran itu diumumkan Mahkamah Agung (MA) Kamboja. Dengan demikian, partai yang digawangi Hun Sen, Cambodian People’s Party (CPP), akan menjadi satu-satunya partai besar pada pemilu tahun depan.

”MA telah memutuskan untuk membubarka­n CNRP dan melarang 118 individu berpolitik selama lima tahun dimulai dari dibacakann­ya putusan ini,” ujar hakim saat membacakan putusan. Hakim kepala dalam sidang tersebut adalah anggota komite permanen CPP.

Para individu yang dilarang ber- politik itu tentu saja anggota CNRP. Separo legislator partai tersebut sudah melarikan diri ke luar negeri karena takut ditangkap Hun Sen.

PM terlama di dunia itu sudah memenjarak­an pemimpin CNRP Kem Sokha pada 3 September lalu. Setelahnya, dia mengajukan pembubaran CNRP dengan tudingan bahwa partai tersebut berencana mengambil alih kekuasaan dengan bantuan dari Amerika Serikat (AS).

Mantan komandan Khmer Me- rah itu juga menyerukan kepada anggota CNRP yang tidak dilarang berpolitik agar menyeberan­g saja dan bergabung dengan partainya. ”Anda bahkan tidak bisa menyelamat­kan partai Anda sendiri. Bagaimana Anda akan menyelamat­kan diri?” tegas Hun Sen di sela ajakannya untuk bergabung.

CNRP sudah menduga bahwa MA akan membubarka­n partai mereka. Karena itu, CNRP tak mengirimka­n pengacara untuk membela diri. (Reuters/AP/sha/c17/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia