Jawa Pos

Sisa Waktu Tinggal Dua Bulan

-

PACITAN – Jalan untuk mengejar target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata semakin sempit. Sisa waktu yang dimiliki dinas pariwisata pemuda dan olahraga (disparpora) sudah tak genap dua bulan. Padahal, perolehan targetnya baru menyentuh 83 persen. ”Semoga tetap tercapai di sisa waktu beberapa minggu ini,’’ harap Kepala Disparpora Pacitan Endang Sujasri.

Sebenarnya, kata Endang, target pendapatan dari sektor pariwisata terkoreksi setelah perubahan anggaran keuangan (PAK). Dari sebelumnya Rp 8,44 miliar menggelemb­ung menjadi Rp 10,9 miliar. Jika masih mengacu target awal, realisasi pendapatan sudah tercapai 92,46 persen. ” Terus terang ini berat. Soalnya hampir setengah tahun ini kami kena embargo terputusny­a akses infrastruk­tur di Gemaharjo, Tegalombo,’’ ungkapnya.

Hal itu berdampak serius terhadap tingkat kunjungan wisatawan lantaran tak bisa masuk saat mengendara­i bus. Kejadian tersebut berlangsun­g hampir tujuh bulan. Mulai Januari hingga Juli 2017. Berkaca dari kasus itu, jumlah kunjungan wisatawan dari Jawa Timur akhirnya menyusut drastis. ”Kondisi itu diperparah dengan rusaknya jalan di wilayah Pracimanto­ro, Wonogiri, Jateng. Karena itu, animo wisatawan yang datang ke Pacitan sedikit terhambat,’’ terang Endang.

Kendati demikian, mantan Kabaghumas dan protokol itu mengaku bahwa capaian pendapatan wisata tergolong baik. Meskipun pihaknya bakal mengerahka­n segala kemampuan SDM yang dimiliki untuk mengejar target pendapatan dari sektor pariwisata sebelum tutup tahun ini. ”Semoga di sisa waktu ini, kami bisa mengejar kekurangan target pendapatan sekitar 17 persen,’’ ujarnya. (her/fin/c21/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia