Jawa Pos

Dua Ganda Putra Tebar Ancaman

-

FUZHOU – Peluang duta-duta bulu tangkis Indonesia membawa pulang gelar juara dari Tiongkok masih terbuka. Ganda putra masih menjadi tumpuan Merah Putih. Selain itu, ganda campuran tetap bergantung kepada sosok senior pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Kiprah ganda putra terlihat lebih unggul jika dibandingk­an dengan sektor yang lain. Buktinya tersaji nyata pada turnamen Tiongkok Open Superserie­s Premier (SSP) 2017 yang berlangsun­g di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou. Hingga akhir babak kedua kemarin, dua ganda putra Indonesia bertahan dan menembus perempat final.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro melesat ke babak delapan besar. Marcus/Kevin sukses membekuk Lee Jhe-huei/Lee Yang (Taiwan) dalam dua game 29-27, 21-18. Sedangkan Ahsan/ Rian mengunggul­i Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen 23-21, 21-17, 21-11.

Secara teknis, posisi dua pasangan ganda putra Indonesia itu cukup solid hingga saat ini. Terutama Minions –sebutan untuk duet Marcus/Kevin– yang tampil cukup konsisten hingga akhir tahun ini. Kematangan permainan mereka teruji pada game pertama laga kemarin. Mereka harus bekerja keras untuk menutup game dengan keunggulan 29-27. ’’Saat poin ketat, kami mikirnya satu-satu (poin) saja,’’ ujar Marcus dalam surat elektronik PP PBSI.

Kevin mengatakan, permainan Lee/Lee memang menyulitka­n. ’’Lawan cukup bagus, nggak gampang mati. Punya drive yang kencang, power yang kuat, dan seranganny­a juga bagus,’’ urainya. Pada kuarter final hari ini, pasangan unggulan teratas itu menghadapi pasangan Rusia Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov. Sedangkan Ahsan/Rian bekerja lebih keras untuk memastikan tiket menuju babak delapan besar. Apalagi, Kim/Andeers memang punya tipikal permainan yang mengandalk­an tempo, bukan permainan cepat. ’’Tadi (kemarin, Red) lebih ke siapa yang kuat aja,’’ terang Ahsan. Hari ini Ahsan/Rian menghadapi pasangan Jepang Takoro Hoki/Yugo Kobayashi.

Penampilan kedua ganda putra pelatnas itu memang cukup menjanjika­n pada Tiongkok Open SSP kali ini. Khususnya buat Marcus/Kevin yang memilih absen di Prancis Open SS setelah Marcus mengalami masalah pada bahu kanan di Denmark Open sepekan sebelumnya.

Ujian juga harus dilalui Tontowi/Liliyana. Mereka dipaksa menjalani rubber game oleh pasangan Jerman Mark Lamfuss/ Isabel Herttrich. Sempat menegangka­n, laga berakhir untuk kemenangan pasangan juara dunia 2017 itu.

Sementara itu, Jonatan Christie tidak mampu melanjutka­n kejutannya. Setelah mengalahka­n Lin Dan (Tiongkok) di babak pertama, dia malah kalah oleh Ng Ka Long Angus (Hongkong). Jojo –sapaan akrab Jonatan– menyerah straight game 15-21, 18-21. (nap/c4/ady)

 ??  ?? PBSI ATASI TEKANAN: Pasangan ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo melaju ke perempat final hari ini.
PBSI ATASI TEKANAN: Pasangan ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo melaju ke perempat final hari ini.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia