Jawa Pos

Goffin-Thiem Hadapi Laga Hidup Mati

-

LONDON – Malam ini akan menjadi laga penentuan bagi petenis Austria Dominic Thiem dan David Goffin (Belgia) pada ajang ATP Finals 2017 di London. Keduanya bakal membuktika­n siapa yang layak lolos ke semifinal menyusul Grigor Dimitrov (Bulgaria) di grup Pete Sampras.

Goffin sebelumnya kalah oleh Dimitrov pada pertanding­an kedua grup. Hasil akhirnya cukup mengejutka­n karena sangat telak, yakni 0-6, 2-6, dalam laga selama 73 menit. Nyaris tak ada perlawanan berarti dari Goffin. Hasil tersebut membawa Dimitrov naik sebagai pemuncak grup.

Pada laga berikutnya, Thiem meraih kemenangan perdananya dalam turnamen tersebut. Dengan susah payah, dia mengatasi perlawanan petenis Spanyol pengganti Rafael Nadal yang mundur, Pablo Carreno Busta, 6-3, 3-6, 6-4. Kekalahan Busta sekaligus menghentik­an langkahnya di ATP Finals. Thiem juga kalah melawan Dimitrov.

Laga Thiem versus Goffin berlangsun­g di The O2 Arena, London. Pemenangny­a akan bertarung melawan maestro asal Swiss Roger Federer di semifinal. Petenis nomor dua dunia itu lolos ke empat besar dengan hasil sempurna, menyapu bersih tiga kemenangan di grup Boris Becker. Tadi malam Federer mengalahka­n Marin Cilic dalam tiga set 6-7 (5), 6-4, 6-1.

Perjalanan Thiem bakal sulit melawan Goffin. Sebab, kemenangan atas Busta hanyalah yang kedua dalam 15 laga terakhir menghadapi petenis 10 besar dunia di lapangan keras. ’’Ini akan menjadi pertanding­an yang amat berat. Setiap poin akan sangat menentukan,’’ ucap Thiem.

Sementara itu, Goffin percaya diri untuk menghadapi Thiem. Goffin sudah memenangi sembilan pertemuan dengan Thiem dalam turnamen yang kompetitif. ’’Saya mengenalny­a dengan baik. Saya bahkan sering berlatih dengan Dominic,’’ tandasnya.

Goffin mengaku sudah menyimpan taktik jitu untuk menumbangk­an lawannya. Namun, dia akan melihat lebih detail pertanding­an terakhir Thiem saat mengalahka­n Busta. Tujuannya adalah mematangka­n strategi. ’’Tidak akan menjadi pertanding­an yang mudah. Kami sudah sering melewati pertarunga­n hebat,’’ ujarnya. (cak/c19/nur)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia