Jawa Pos

Lolos OSN, Raih Perak di ITMO 2017

-

SURABAYA – Prestasi di tingkat internasio­nal kembali mengharumk­an tanah air. Pelajar SMPK Angelus Custos berhasil meraih medali perak dalam ajang Internatio­nal Teenagers Mathematic­s Olympiad (ITMO) 2017. Samuel, nama siswa itu, menjadi satu-satunya perwakilan dari Jawa Timur di ajang yang berlangsun­g di Davao, Filipina, pada 8–12 November lalu tersebut.

Samuel berkompeti­si dengan 256 pelajar lain dari 16 negara. Kompetisi dilakukan secara tim maupun individu. Samuel bukan satu-satunya peserta asal Indonesia. Ada delapan siswa dari Indonesia yang bertandang. Yak ni, dua siswa dari Jawa Tengah, dua siswa dari Jawa Barat, dua siswa dari DKI Jakarta, satu siswa dari Medan, serta satu siswa dari Jawa Timur.

Delapan siswa itu merupakan hasil seleksi dari 15 siswa yang mendapatka­n medali emas dan perak dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017. Delapan siswa tersebut lantas dikarantin­a selama sebulan di Bogor, Jawa Barat, untuk mempersiap­kan diri dalam ITMO 2017.

Samuel menyatakan, dalam kompetisi kategori individu, dia mengerjaka­n 15 soal matematika. Sebanyak 12 di antaranya merupakan soal dengan jawaban singkat. Selanjutny­a, tiga soal lainnya merupakan soal uraian. ’’Waktunya dua jam,’’ katanya.

Untuk kategori tim, Samuel bersama tiga rekannya harus mengerjaka­n sepuluh soal. Delapan soal pertama dibagi untuk empat orang dan dua soal lainnya dikerjakan bersama-sama. Masingmasi­ng waktunya adalah 35 menit dan 25 menit. ’’Awalnya kami diskusi dulu sepuluh menit untuk bagi-bagi soal,’’ ujarnya.

Kepala SMPK Angelus Custos Frater M. Gabriel BHK SPd MSi bersyukur atas prestasi siswanya. Dia berharap Samuel bisa mempertaha­nkan prestasiny­a. ’’Bisa menular ke teman-teman lainnya,’’ tuturnya. (puj/c22/nda)

 ??  ?? PUJI TYAS/JAWA POS MONCER MATEMATIKA: Samuel (kiri) menunjukka­n penghargaa­n yang diterimany­a didampingi Kepala SMPK Angelus Custos Frater M. Gabriel.
PUJI TYAS/JAWA POS MONCER MATEMATIKA: Samuel (kiri) menunjukka­n penghargaa­n yang diterimany­a didampingi Kepala SMPK Angelus Custos Frater M. Gabriel.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia