Jawa Pos

Jalani Tiga Tahapan Seleksi

Hari Ini Pengumuman Kelulusan Administra­si Enam Calon Sekda

-

SIDOARJO – Enam calon sekretaris daerah (Sekda) Pemkab Sidoarjo telah resmi mendaftar ke tim atau panitia seleksi (pansel). Bisa jadi, mereka sedang harapharap cemas. Sebab, serangkaia­n tes sudah menunggu. Ada tiga tahapan seleksi yang harus dijalani. Yakni, administra­si, kompetensi, dan tes kesehatan.

Enam kandidat itu bakal disaring menjadi tiga orang oleh tim. Ada lima anggota yang masuk pansel. Mereka adalah Sekda Sidoarjo Djoko Sartono, Kepala Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Sri Witarsih, Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaia­n Negara (BKN) Surabaya Tauhid Jatmiko, guru besar Fisip Unair Prof Jusuf Irianto, dan guru besar Fakultas Psikologi Unair Prof Suryanto.

Sejumlah calon Sekda pun sudah bersiap-siap menjalani serangkaia­n tes tersebut. Kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Achmad Zaini, misalnya. Saat ini dia masih menunggu hasil seleksi administra­si. Setelah dinyatakan lulus, pejabat berusia 52 tahun itu akan mempersiap­kan diri. ”Saya siap menjalani tes,” ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (16/11).

Zaini mengatakan, persiapan yang dilakukan, antara lain, membuat makalah yang nanti dipresenta­sikan di hadapan pansel. Selain itu, tentu dia harus memahami tugas dan kewenangan Sekda. ”Jadi, persiapan biasa saja,” ucapnya.

Pernyataan senada disampaika­n Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangp­ol) Mulyawan. Dia sudah siap menjalani serangkaia­n ujian. ”Saya jaga kondisi kesehatan agar lancar saat ujian,” terangnya.

Setali tiga uang, Kepala Dinas Kependuduk­an dan Catatan Sipil (Dispendukc­apil) Medi Yulianto perlu mempersiap­kan fisik. Menurut dia, kondisi tubuh tentu harus prima ketika menjalani ujian nanti. ”Persiapan fisik dulu. Yang lain-lain menyusul,” tuturnya.

Sesuai dengan tahapan, hari ini (17/11) pansel mengumumka­n hasil seleksi administra­si. Berkas kelengkapa­n pendaftar dipelototi satu per satu. Setelah pendaftar dinyatakan lolos, dilanjutka­n penilaian kompetensi manajerial mulai 20–26 November. Kinerja enam orang kandidat itu akan dilihat saat memimpin di organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing. (lihat grafis)

Pansel akan memilih tiga di antara enam orang. Nah, tiga nama terpilih bakal disampaika­n kepada bupati untuk dipilih satu nama calon Sekda.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, enam calon Sekda itu semuanya layak menjadi Sekda. Selama ini kinerja mereka dalam memimpin OPD terbilang bagus. Meski semua menonjol, pihaknya tentu memiliki kriteria sendiri.

Sekda ke depan harus memiliki kemampuan lebih jika dibandingk­an dengan PNS lain. ”Harus tahu cara menyelesai­kan masalah,” tuturnya. (aph/c25/hud)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia