Jawa Pos

PNS Pemkab Sehari Berbusana ala Santri

-

GRESIK – Suasana di kompleks kantor pemkab kemarin begitu spesial. Seluruh pejabat/pegawai mengenakan seragam ’’kebesaran’’ para santri. Yakni, baju koko bersarung.

Bukan hanya itu, kemarin berlangsun­g upacara yang dihadiri jajaran forkopimda, perwakilan ormas, santri/pengasuh pondok pesantren, serta lembaga pendidikan Islam. Itulah suasana puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang dipusatkan di kompleks kantor pemkab kemarin. Nuansa santri begitu terasa.

Saat prosesi upacara, mi salnya. Bupati Sambari Halim Ra dianto yang menjadi inspektur upacara tampil bak santri. Dia menge na kan jas hitam dengan balutan sarung.

Para tokoh ormas juga hadir dalam upacara tersebut. Mulai Rais Syuriah-Ketua Tanfidziya­h PC NU Gresik KH Machfudz Ma’sum dan KH Chusnan Ali, Ketua MUI Mansyur Shodiq, hingga perwakilan banom serta ormas di Gresik. ’’Ini adalah bentuk apresiasi kami terhadap peran santri,” kata Sambari.

Dia menyebutka­n, terjaganya nuansa religi di tengah geliat industrial­isasi dan perdaganga­n di Kota Pudak tak terlepas dari peran santri dan ulama. ”Juga bisa menyaring paham-paham yang tak sesuai dengan nilai luhur bangsa,” tuturnya.

Event tersebut merupakan pe nutup serangkaia­n kegiatan untuk memperinga­ti HSN di Gresik. Setelah upacara, penghargaa­n diberikan kepada santri-santri yang meraih prestasi dalam peringatan HSN kali ini. ( ris/ c18/ dio)

 ?? ARIS IMAM/JAWA POS ?? SARUNGAN: Bupati Sambari Halim Radianto menjadi inspektur upacara peringatan Hari Santri Nasional di kompleks kantor pemkab kemarin.
ARIS IMAM/JAWA POS SARUNGAN: Bupati Sambari Halim Radianto menjadi inspektur upacara peringatan Hari Santri Nasional di kompleks kantor pemkab kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia