Jawa Pos

Kardus Bekas Percantik Rumah

-

GRESIK – Penataan rumah dengan tambahan aksesori menjadikan penghuniny­a lebih nyaman dan betah. Itu yang membuat Raleva Febrina kesengsem dengan dekorasi rumah. Khususnya hiasan dinding.

Pengajar di SDN 1 Sukomulyo itu memanfaatk­an bahan yang tersedia di rumah, yakni kardus bekas. Kardus sebagai pengganti media kayu palet maupun kayu medium density

(MDF) itu banyak dijual di toko sebagai bahan hiasan dinding. ’’Paling banyak pakai kardus air mineral yang Atau, kertas undangan nikahan yang ujarnya.

Perempuan yang akrab disapa Reva itu menjelaska­n cara membuatnya. Awalnya kardus tak terpakai itu dilakban di sekeliling pinggirann­ya. Lalu, dilapisi kertas linen atau karton bertekstur tebal sehingga bisa menutupi dengan sempurna seluruh bagian. Setelah itu, Reva menambahka­n aneka gambar dan tulisan yang dibuat sendiri di atas kertas HVS putih dengan spidol permanen.

Sepintas, pajangan buatan Reva tak terlihat terbuat dari kardus bekas. Seluruh permukaann­ya tampak kukuh seperti kayu. ’’Sampulnya pakai jenis kertas yang tebal kayak linen, karton, atau buffalo. Jadi, nggak kelihatan kalau itu kardus,” ujarnya.

Kutipannya bermacam-macam. Bergantung di ruang mana hiasan dinding itu dipajang. Selain menciptaka­n kesan artistik di beberapa bagian rumah, pajangan tersebut berfungsi sebagai media edukasi. Mengenalka­n anak melalui tulisan dan gambar yang menarik. ( hay/c7/dio)

 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? board udah nggak kepakai. hardcover,”
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS board udah nggak kepakai. hardcover,”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia