Jawa Pos

Mesin Konvension­al Diprediksi Tamat 2050

-

tak mau, siap tak siap, era mobil listrik akan datang. Isu emisi akan memaksa produsen mobil untuk sepenuhnya menerima elektrifik­asi. Pemerintah di beberapa negara dan otomotif sudah merencanak­an

masing-masing untuk menuju ke sana.

Setelah Volvo berkomitme­n untuk mengganti semua lini produknya dengan mobil listrik mulai 2019, dilansir dari kemarin (16/11), pemerintah Inggris tengah merencanak­an pelarangan penjualan kendaraan bermesin BBM mulai 2040 mendatang. Terbaru, pabrikan raksasa asal Jepang, Toyota, turut mengakui dan memprediks­i bahwa mesin BBM akan punah pada 2050.

Head of Advanced R&D and Engineerin­g Toyota Seigo Kuzumaki menyebutka­n, Toyota memperkira­kan bahwa pada 2050 produsen otomotif akan mengurangi emisi CO2 dari kendaraan MAU roadmap Forbes brand hingga 90 persen jika dibandingk­an dengan kondisi 2010.

Selama ini, Toyota cukup sukses memulai penjualan kendaraan listrik. Setidaknya, produk-produk mereka menempati 43 persen pangsa pasar dari keseluruha­n mobil listrik. Toyota sudah menjual 11 unit Toyota Prius serta berbagai kendaraan EV dan merk hybrid lainnya. Beberapa yang pernah dikenalkan di Indonesia adalah Toyota Camry Hybrid, Alphard Hybrid, dan Toyota C-HR.

Mesin listrik memiliki beberapa jenis dan karakteris­tik yang berbeda. Pertama adalah HEV atau Hybrid Electric Vehicle. Prinsipnya mengombina­sikan mesin konvension­al dengan motor listrik. Toyota adalah salah satu pabrikan yang banyak mengembang­kan model tersebut.

Ada juga mesin Plug-in Hybrid Electric Vehicles (PHEV). Mesin jenis itu sangat mirip dengan mesin

Perbedaann­ya, kendaraan dengan mesin PHEV dapat diisi ulang melalui colokan yang tersedia di mobil. Motor listrik bekerja sama dengan mesin konvension­al untuk mendapatka­n efisiensi yang optimal. Namun, saat baterai habis, mesin BBM mengambil peran sebagai sumber tenaga utama. Mobil-mobil yang menggunaka­n mesin jenis tersebut adalah BMW i8 dan Chevrolet Volt.

Lalu berikutnya adalah jenis Battery Electric Vehicle (BEV). BEV tidak memiliki mesin pembakaran internal atau tangki bahan bakar sama sekali. Seratus persen menggunaka­n baterai elektrik. Contohnya Nissan Leaf dan semua produk Tesla.

 ??  ?? hybrid. KOMBINASI: Toyota Camry Hybrid dipamerkan di Jakarta.
hybrid. KOMBINASI: Toyota Camry Hybrid dipamerkan di Jakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia