Jawa Pos

Gaet Turis, Andalkan Kearifan Lokal

-

BANGKOK – Kearifan lokal akan dimaksimal­kan untuk menggenjot industri pariwisata Thailand. Mulai tahun depan, Negeri Gajah Putih lebih banyak menyuguhka­n beraneka ragam kebudayaan dan kebiasaan khas masyarakat untuk menarik wisatawan.

Itulah yang terungkap dalam peluncuran wajah baru Kementeria­n Pariwisata dan Olahraga Thailand untuk wisata Thailand 2018 melalui Tourism Authority of Thailand (TAT) di Nai Lert Park Heritage Home pada Kamis malam (16/11). Tema yang diangkat adalah Open to the New Shades of Thailand. ’’Nikmati pengalaman unik dan menyenangk­an di Thailand,’’ ujar Deputy Governor for Marketing Communicat­ions Tanes Petsuwan.

Tanes menjelaska­n, internatio­nal market Thailand pada 2016 meningkat 13 persen. Jumlahnya mencapai USD 34,47 miliar. Hal tersebut seiring peningkata­n jumlah wisatawan sebanyak 9 persen. Total ada 32,6 juta orang yang datang ke Thailand pada 2016.

Sementara itu, hingga September 2017, jumlah kunjungan wisatawan dari Asia mencapai 26,10 juta orang. Kebanyakan berasal dari Tiongkok, yakni 7.390.000 orang. Jumlah wisatawan dari Eropa mencapai 4.556.774 orang dan 1.103.178 orang dari Amerika Serikat.

TAT menyediaka­n berbagai fasilitas wisata untuk beragam tujuan. Misalnya, pernikahan, bulan madu, pesta, atau menikmati kearifan lokal. Wisatawan boleh mengatur sendiri perjalanan­nya. ’’Mendesain trip sendiri berarti menciptaka­n kebahagiaa­n Anda sendiri,’’ tuturnya. Beberapa lokasi yang dapat dinikmati adalah kuil, wisata alam, dan kuliner. (*/c14/fal)

 ??  ?? ANTIN IRSANTI/JAWA POS EKSOTIS: Penampilan dalam Thailand Tourism 2018 Parade di depan Siam Paragon, Bangkok.
ANTIN IRSANTI/JAWA POS EKSOTIS: Penampilan dalam Thailand Tourism 2018 Parade di depan Siam Paragon, Bangkok.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia