Jawa Pos

Pengadaan Terpengaru­h Akhir Panen

-

SURABAYA – Berakhirny­a musim panen padi memengaruh­i kinerja pengadaan beras dan gabah Bulog tahun ini. Sejak Januari hingga pekan kedua November, pengadaan beras baru terealisas­i sekitar 70 persen atau 630 ribu ton setara beras.

Kepala Divre Bulog Jatim Hasyim menjelaska­n, panen yang sudah hampir berakhir mengakibat­kan pengadaan beras secara harian menurun. Pemasukan harian saat ini tercatat 700–800 ton. Padahal, dalam kondisi normal, pemasukan harian bisa mencapai 10.000 ton. ’’Penurunan ini terjadi karena musim panen sudah berakhir. Tapi, kami berupaya maksimalka­n terus hingga akhir tahun,’’ ujarnya kemarin (17/11).

Selain itu, karena panen sudah hampir tidak ada, harga gabah dan beras cenderung naik. ’’Kami masuk ke pembelian dengan metode komersial,’’ tutur Hasyim. Meski demikian, secara keseluruha­n penyerapan beras oleh Bulog pada tahun ini tetap didominasi beras jenis medium dalam rangka service obligation (PSO).

Tempo satu setengah bulan mendatang dimanfaatk­an untuk menggenjot target pengadaan beras dan gabah. ’’Kami optimistis. Mudahmudah­an sampai akhir tahun bisa terealisas­i 700–750 ribu ton,’’ kata Hasyim. Bila terealisas­i, target itu bakal tidak jauh berbeda dengan capaian pada 2016 dengan total pengadaan sekitar 770 ribu ton.

Sementara itu, stok beras Bulog di Jatim cukup untuk enam bulan mendatang. Yakni, 250–300 ribu ton. ’’Dengan penyaluran 41 ribu ton rastra (beras sejahtera) per bulan, stok sekarang masih mencukupi,’’ tuturnya. Stok tersebut belum termasuk beras yang biasa dikirim Bulog ke provinsi-provinsi nonsentra. Tercatat, ada delapan provinsi yang menjadi tujuan pengiriman beras dari Jatim. Selain bagian timur, Indonesia Bagian Barat seperti Aceh dan Medan turut menjadi tujuan pengiriman.

Selain beras, Bulog memiliki komoditas lain seperti jagung, gula, minyak goreng, bawang putih, dan sebagian bawang merah. Stok jagung sekitar 3.000 ton dan gula sekitar 60 ribu ton. ’’Sejauh ini stok aman sampai tahun baru juga aman,’’ tegasnya.

Dengan melihat stok tersebut, pihaknya siap melakukan operasi pasar bila diperlukan, terutama menjelang akhir tahun. (res/c14/sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia