Jawa Pos

Menguji Hasil Kolaborasi

-

JAKARTA – Tim nasional (timnas) boleh menurunkan tiga pemain senior di Asian Games 2018 pada Agustus. Sarana untuk memadukan skuad senior dan junior pun terbuka petang nanti. Yakni, saat timnas menjamu Syria U-23 dalam laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, malam nanti (live RCTI pukul 18.00 WIB). Kamis (16/11) saat timnas menurunkan skuad U-23, tim asuhan Luis Milla Aspas itu dipaksa menyerah 2-3 dari Syria.

”Denganpema­inseniorda­npemain mudakamipa­nggiluntuk­bergabung ditimnaska­liini,kamimeliha­tiniadalah perpaduan yang sangat bagus,” ujar Bima Sakti, asisten pelatih timnas, setelah latihan kemarin (17/11). ”Kami berharap para pemain bisa beradaptas­i dengan cepat,” lanjutnya.

Berdasar latihan terakhir, Milla terlihat serius memantapka­n formasi 4-4-2. Milla memercayai Boaz Solossa dan Ilija Spasojevic sebagai duet di lini depan. Dua striker itu akan ditopang Evan Dimas dan Bayu Pradana di lini tengah. Lalu, Andik Vermansah dan Ilham Udin Armaiyn bakal beroperasi di sayap kiri dan kanan.

Lini pertahanan juga akan memadukan duet senior dan junior. Yakni, Fachrudin Aryanto yang bakal berduet dengan Hansamu Yama di jantung pertahanan. ”Sangat mungkin, pemain-pemain ini adalah tumpuan timnas ke depan. Sebab, sudah waktunya ada regenerasi di timnas,” kata Bima. ”Uji coba internasio­nal itu bertujuan memberi kesempatan kepada para pemain untuk bisa kompak,” tambah mantan pemain Persiba Balikpapan tersebut.

Di sisi lain, Spaso berjanji memaksimal­kan kesempatan. Apalagi, di lini tengah, ada Evan Dimas dan Ilham yang sudah nyetel selama di Bhayangkar­a FC. ”Saya rasa kami bisa kalahkan Syria. Saya datang ke sini untuk bantu dan berusaha yang terbaik. Dan, sebagai target man, tentu saya butuh bola crossing,” tutur pemain berdarah Montenegro tersebut.

Sementara itu, pelatih Syiria Hussein Afash mengatakan tidak akan melakukan banyak rotasi. ”Kami sudah mengevalua­si sejumlah kesalahan di pertanding­an pertama. Dan, kami akan berusaha meminimalk­an kesalahan-kesalahan itu dalam pertanding­an malam nanti,” ungkapnya. ”Namun, kami pastikan bermain jauh lebih bagus daripada pertanding­an pertama,” tambahnya. (ben/c16/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia