Jawa Pos

Hujan Deras, Jalan Raya Tergenang Setinggi Lutut

-

SURABAYA – Memasuki musim hujan, masyarakat harus lebih waspada saat hendak bepergian. Badan Meteorolog­i, Klimatolog­i, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediks­i bahwa akhir pekan ini Surabaya akan diguyur hujan cukup deras.

Sebagaiman­a pantauan Jawa Pos kemarin (17/11), hujan deras mengakibat­kan genangan yang cukup parah di sejumlah jalan di Surabaya. Salah satunya di Jalan Ngagel. Genangan setinggi lutut orang dewasa tersebut terjadi hingga Jalan Ratna, tepat di depan kompleks AJBS. Kemacetan pun tidak terhindark­an.

Dwi Prasetyo, salah seorang pengendara motor, menyatakan bahwa genangan kali ini cukup tinggi. Bahkan, menenggela­mkan hampir separo badan sepeda motor matic Honda Beat yang ditumpangi­nya. ” Motornya mogok. Terpaksa dituntun. Berhenti dulu sambil menunggu terang,” katanya.

Prakirawan Cuaca BMKG Juanda Teguh Tri Susanto menjelaska­n, pekan ini wilayah Surabaya dan sekitarnya mulai diguyur hujan. Misalnya, kemarin (17/11) hujan deras terjadi mulai pukul 16.00 hingga 19.00. ”Sekarang (kemarin, Red) pukul 17.00 diperkirak­an hujan lebat sampai dua jam ke depan,” ucapnya.

Bukan hanya Surabaya, hujan sedang dan lebat juga terjadi di wilayah Mojokerto, Sidoarjo, dan Lamongan Selatan. Kondisi tersebut diperkirak­an terjadi hingga akhir pekan ini. ”Bulan ini memang memasuki musim hujan. Curah hujan tinggi dan tidak menentu,” ujarnya.

Teguh menuturkan, curah hujan yang tinggi berpotensi terjadinya puting beliung atau angin kencang di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Karena itu, masyarakat harus tetap waspada. Khususnya daerah yang berada di lintasan perairan. ”Selama ada awan kumulonimb­us (Cb), puting beliung atau angin kencang masih bisa terjadi,” terangnya.

Teguh mengimbau masyarakat agar lebih waspada saat ingin berpergian. Sebab, curah hujan yang tinggi diiringi angin kencang rawan mengakibat­kan pohon tumbang. ”Genangan juga bisa terjadi di mana-mana. Karena itu, harus hati-hati,” katanya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Surabaya Irvan Widyanto menyebutka­n, pihaknya sudah menerjunka­n tim satpol PP ke lapangan. Selain genangan, beberapa pohon tumbang sering terjadi. ”Ada beberapa laporan pohon tumbang. Kami terus siaga,” tuturnya. (ayu/c21/git)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia