Jawa Pos

Tambah Ilmu lewat Kuis Online

-

SURABAYA – Para mahasiswa alih jenis Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universita­s Airlangga membaur bersama siswa SMA Muhammadiy­ah 7 kemarin (17/11). Para mahasiswa peminatan promosi kesehatan dan ilmu perilaku (PKIP) itu membagikan pengetahua­n tentang diabetes dan upaya pencegahan­nya. Mereka mengemasny­a dalam kegiatan bertajuk AKAD alias Anak Kekinian Antidiabet­es.

Kegiatan tersebut berlangsun­g seru. Misalnya, ketika kuis online melalui aplikasi Kahoot. Dengan aplikasi itu, siswa bisa menjawab pertanyaan lewat ponsel. Soalsoalny­a terkoneksi langsung dengan panitia. Kuis tersebut diadakan pada sesi akhir kegiatan.

Lestari Budi Pamungkas selaku panitia menyatakan, kegiatan itu berkaitan dengan Hari Diabetes Internasio­nal yang diperingat­i pada 14 November. Panitia menyasar remaja SMA karena perilakuny­a kerap berisiko pada kesehatan.

Dari survei yang sudah dilakukan kepada 50 murid SMA Muhamma diyah 7, mayoritas siswa senang mengonsums­i junk food. Setidaknya ada 69,2 persen anak yang menggemari junk food. ”Studi kami menunjukka­n bahwa tak sedikit anak obesitas yang berpotensi diabetes,” katanya.

Focus group discussion (FGD) diikuti 88 siswa. ”Dibagi jadi kelompok kecil buat diskusi,” tutur Lestari. Ada pula penayangan film tentang diabetes. Disusul diskusi tentang penanganan dan pencegahan­nya. Kesimpulan­nya, penanganan diabetes membutuhka­n metode cerdik. Yakni, cek kesehatan berkala, enyahkan asap rokok, rajin olahraga, diet seimbang, dan kelola stres. ’’Ini metode dari Kemenkes. Kami mengadopsi­nya,” ungkap mahasiswa semester III tersebut.

Mengusung tema Focus on Your Health, Not on Your Weight, Les- tari berharap siswa bisa menjaga kesehatan sejak dini. ”Pengetahua­n mereka tentang diabetes bisa bertambah. Jadi, sejak awal bisa mencegahny­a,” ujarnya.

Nisa Aulia, pelajar kelas XI, antusias menerima materi yang disajikan. Dia pun bertekad mengurangi konsumsi junk food. ”Soalnya, lumayan suka jajan ayam krispi dan gorengan,” ucapnya. (puj/c18/nda)

 ??  ?? SERU: Lestari Budi Pamungkas (dua dari kiri) bersama panitia AKAD memberi kuis online kepada siswa SMA Muhammadiy­ah 7 kemarin.
SERU: Lestari Budi Pamungkas (dua dari kiri) bersama panitia AKAD memberi kuis online kepada siswa SMA Muhammadiy­ah 7 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia