Jawa Pos

Sampai Jumpa di Kompetisi GBL Tahun Depan

-

SIDOARJO – Hati Imawati berbunga-bunga. Begitu Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Pemkab Sidoarjo Tirto Adi menyebut namanya sebagai pemenang lomba karya tulis ilmiah, guru SD Al Falah Darussalam tersebut spontan memeluk teman di kanan-kirinya. ’’Alhamdulil­lah,’’ ujarnya.

Karya tulis berjudul Penggunaan Media Belajar Aksara Jawa (Bejo) dalam Meningkatk­an Minat Baca Tulis Aksara Jawa telah mengantark­an Imawati menjadi juara dalam Gerakan Budaya Literasi (GBL) menuju Sidoarjo Gemar Membaca dan Menulis. Program itu merupakan hasil kerja sama dikbud dan Jawa Pos.

Selain Tirto Adi, dewan juri lomba GBL yang dihelat di Tra- was, Mojokerto, pada KamisJumat (17-18/11) itu adalah Prof Bambang Yulianto, guru besar Unesa, dan Priyo Handoko, redaktur Jawa Pos.

Sementara itu, juara I lomba karya jurnalisti­k kategori sekolah dasar (SD) diraih SDI Raudhlatul Jannah. ’’Alhamdulil­lah, juara dua lagi. Ini karena anak-anak yang semangat,’’ kata M. Guntur Kurniawan, guru pendamping tim jurnalisti­k SMP Progresif Bumi Shalawat.

Selain melihat buletin yang langsung ditulis di lokasi acara, mereka diminta melakukan presentasi di hadapan dewan juri. Mereka ditanya seputar maksud dan tujuan dalam karya jurnalisti­k yang ditulis. Meski masih bocah, mereka tampak bersemanga­t dan percaya diri.

Final program GBL di Trawas itu membuat para peserta begitu terhibur. Mereka juga diajak mengikuti outbound. ’’Semoga minat baca dan menulis semakin terasah. Saya yakin para peserta akan tumbuh menjadi generasi yang hebat,’’ kata Tirto. (jos/c15/hud)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia