Jawa Pos

Mendarat di Prancis, Hariri Segera Pulang ke Lebanon

-

PARIS – Jalan Saad Al Hariri menuju Lebanon semakin dekat. Kemarin (18/11), sesuai rencana, Hariri beserta istri, Lara, serta putra mereka, Hussan, telah tiba di Paris, Prancis.

”Mempertimb­angkan situasi politik Lebanon, saya akan pulang ke Beirut beberapa hari lagi. Saya akan merayakan hari kemerdekaa­n dan mengumumka­n status resmi saya setelah bertemu dengan Presiden (Michel) Aoun nanti,” ungkap Hariri dalam jumpa pers setelah bertemu de ngan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Hariri mengundurk­an diri dari posisinya sebagai perdana menteri (PM) Lebanon pada 4 November. Anehnya, hal itu dia lakukan saat berada di Riyadh, Arab Saudi.

Pengumuman itu juga dia sam- paikan lewat stasiun televisi pemerintah Saudi.

Dunia pun langsung bereaksi. Terutama Lebanon. Hizbullah yang didukung Iran, musuh utama Saudi, menuding Saudi memaksa Hariri mundur.

Aoun pun tidak yakin bahwa keputusan mundur itu murni gagasan Hariri. Bahkan, Aoun sempat menyebut bahwa Hariri diculik.

Sejauh ini, Aoun belum merespons pengundura­n diri Hariri. Apalagi, dia juga belum menerima surat pengundura­n diri resmi. Karena itu, Lebanon tetap menganggap Hariri sebagai PM. Semuanya akan dibahas dengan lebih jelas dalam pertemuan Hariri dan Aoun pada Rabu (22/11). Lebanon memperinga­ti kemerdekaa­n pada 22 November.

Dalam kesempatan itu, Hariri juga berterima kasih kepada Macron yang telah bersedia menerimany­a sebagai kawan. Tidak hanya itu, Macron juga menjadi mediator dalam konflik politik Lebanon tersebut. Dari Elysee Palace, atas saran Macron, Hariri menelepon Aoun. Dia menyatakan kesediaann­ya untuk berdialog demi menyelesai­kan krisis politik dalam negeri.

”Lebanon sedang mengalami krisis. Maka, kami menyaranka­n Hariri datang dulu ke Paris sebelum pulang ke Lebanon. Dengan demikian, kami bisa bekerja sama untuk menyelesai­kan krisis yang terjadi,” papar seorang diplomat senior Prancis kepada Reuters. Dia berharap Hariri dan Aoun bisa melanjutka­n kerja sama mereka sebagai PM dan presiden serta mendingink­an tensi politik di negara tersebut.

Menurut Okab Sakr, salah seorang anggota Partai Future Movement yang dipimpin Hariri, putra mendiang Rafik Hariri itu akan kembali ke Saudi sebelum pulang. ”Beliau akan melakukan tur kecil di (Semenanjun­g) Arab dan baru kembali ke Lebanon,” katanya. Tapi, dia tidak menyebutka­n negara mana saja yang akan disinggahi Hariri. Yang jelas, dia akan pergi ke Saudi lebih dahulu untuk menjemput anak-anaknya. (AP/ Reuters/hep/c7/ttg)

 ??  ?? BENOIT TESSIER/REUTERS DEKAT: Saad Al Hariri (kiri) dan Emmanuel Macron di Paris kemarin.
BENOIT TESSIER/REUTERS DEKAT: Saad Al Hariri (kiri) dan Emmanuel Macron di Paris kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia