Jawa Pos

KPK Lelang Lukisan dan Perhiasan Koruptor

-

JAKARTA – KPK kembali membuka lelang barang rampasan. Kali ini bukan hanya kendaraan mewah yang dilelang, tetapi juga lukisan, perhiasan, jam tangan branded, serta handphone. Nilai barang-barang bekas milik para koruptor yang kini berstatus rampasan negara itu mulai jutaan hingga miliaran rupiah.

Total ada 54 paket lelang yang dapat ditawar pada Jumat (24/11). Di antara barang rampasan itu, yang paling menarik adalah karya lukisan. Maklum, KPK terbilang jarang melelang benda-benda seni. Ada 12 lukisan yang masuk daftar lelang terbuka tersebut. Harga tertinggi dibanderol Rp 69,2 juta. Yakni, karya pelukis Sri Handy berjudul ’’ Dua Merek’’.

Selain itu, ada lukisan karya pelukis lain. Antara lain, Krijono, Iwan Sulistyo, Josephine Linggar, dan S. Robustina. Lukisan mereka dibanderol Rp 6 juta–Rp 45 juta. ’’Syarat dan ketentuan serta tata cara mengikuti lelang dapat dilihat pada alamat website,’’ kata Irene Putrie, pejabat penjual barang rampasan KPK, kemarin (18/11).

Selain lukisan, barang rampasan yang dilelang meliputi tujuh mobil berbagai merek, dua motor, 28 perhiasan dan jam tangan, 19 handphone, serta sepaket laptop. Aset negara itu disita dari beberapa koruptor. Di antaranya, M. Sanusi (kasus reklamasi Teluk Jakarta), Ojang Sohandi (suap bupati Subang), serta Ahmad Fathanah alias Olong (suap kuota impor sapi).

Selain itu, aset tersebut berasal dari Edi Santoni dan Safri (kasus suap honorer pembina RSUD Bengkulu), Fahri Nurmallo dan Deviyanti Rochaeni (kasus suap jaksa BPJS Subang), serta Yan Anton Ferdian (suap bupati Banyuasin). (tyo/c15/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia