Jawa Pos

Hari Ini Sinkronisa­si Data Terakhir

-

SURABAYA – Besok simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMP berlangsun­g. Hingga hari ini, sekolah masih melakukan sinkronisa­si. Tahap tersebut menjadi syarat wajib sebelum melaksanak­an simulasi.

Misalnya, di SMPN 12. Waka Kurikulum SMPN 12 Warno menyatakan, pihaknya mendapat jadwal sinkronisa­si pada hari ini pukul 16.00. Dengan sinkronisa­si, dilakukan pengecekan terhadap data 432 siswa. ”Kalau sudah sinkron, bisa lanjut mengakses untuk simulasi nanti,” katanya.

SMP Terbuka 12 yang menginduk pada SMPN 12 juga melakukan sinkronisa­si. Bahkan, SMP Terbuka sudah melakukan sinkron- isasi kemarin (18/11). Warno menyebutka­n, ada 98 siswa SMP Terbuka yang mengikuti simulasi besok. ’’Ada satu laboratori­um untuk SMP Terbuka,” tambahnya. Simulasi akan berlangsun­g dalam tiga sesi, sama dengan kelas reguler.

Untuk SMPN 12, disediakan empat laboratori­um komputer. Namun, pihak sekolah masih kekurangan beberapa komputer. ”Kurang sedikit, ada pinjaman dari siswa,” ujar Warno.

Dia berharap siswa dapat memahami proses login melalui simulasi dan terbiasa mengerjaka­n soal. ”Mulai login, mengerjaka­n hingga selesai. Mereka bisa belajar mengelola waktu,” jelasnya.

Materi soal simulasi juga dapat digunakan sebagai latihan, terutama bagi murid SMP Terbuka. Sebab, mereka bersekolah lebih singkat dibandingk­an dengan siswa reguler.

Di SMP Margie, proses sinkronisa­si juga berlangsun­g hari ini. Hal tersebut diungkapka­n Waka Humas SMP Margie Erna Cahyanings­ih. (kik/c18/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia