Jawa Pos

Marcus/Kevin Raih Gelar Kelima di Superserie­s

-

FUZHOU – Capaian ganda putra terbaik Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo boleh dibilang spesial tahun ini. Lima gelar pada turnamen selevel superserie­s (SS) dan superserie­s premier (SSP) bukanlah prestasi sembaranga­n

Satu gelar terakhir mereka persembahk­an di Tiongkok Open SSP 2017 kemarin (19/11).

Di final, Marcus/Kevin menjungkal­kan Mathias Boe/Carsten Mogensen dua game langsung 21-19, 21-11. Pada laga yang berlangsun­g di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, itu, pasangan nomor satu BWF tersebut tampil impresif sejak awal pertanding­an. Secara teknis, permainan cepat yang diterapkan Marcus/Kevin membuat Boe/Mogensen kewalahan. Sempat memberikan perlawanan pada game pertama, pasangan veteran Denmark itu seakan kehilangan daya pada game kedua dan selanjutny­a menyerah 11-21.

Kemenangan tersebut membuat Marcus/Kevin mempertaha­nkan gelar pada turnamen yang sama tahun lalu. Lawan mereka pun sama dengan tahun ini, Boe/Mogensen, yang juga digulung dalam dua game. Rekor pertemuan kedua pasangan memang masih menjadi milik Boe/Mogensen. Setelah pertanding­an final kemarin, rekor masih 4-3 untuk keunggulan pasangan berusia 37 dan 34 tahun tersebut.

Marcus mengakui game pertama cukup berat. ’’Kami berusaha tetap fokus,’’ ucapnya. Apalagi, poin ketat tersaji pada game pertama, 21-19, untuk kemenangan Marcus/Kevin. Pada pertemuan terakhir, pasangan yang baru berpartner pada 2015 itu juga mendulang kemenangan kala tampil di Japan Open Superserie­s. Sedangkan satu pekan sebelumnya, mereka tergelinci­r dan hanya menjadi nomor dua di Korea Open SS 2017. Mereka juga disingkirk­an Boe/Mogensen di partai final.

Hasil tersebut menjadi catatan penting bagi Marcus/Kevin dan tim pelatih. Aryono Miranat, asisten pelatih ganda putra Indonesia, mengungkap­kan, poin penting kemenangan anak didiknya tidak lepas dari menurunnya performa Boe/Mogensen. ’’ Game pertama terlihat normal, tapi game kedua gak nyangka juga bisa cepat. Pasangan Denmark sudah hopeless tertinggal jauh,” ujarnya.

Selain itu, faktor permainan konsisten dan cenderung stabil membuat Marcus/Kevin menjadi ganda putra pertama Indonesia yang mendulang lima gelar di turnamen SS/SSP. Mereka masih punya kesempatan menambah raihan gelar dari Hongkong Open SS pekan depan dan Superserie­s Masters Finals di Dubai Desember mendatang. (nap/c17/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia