Jawa Pos

UMKM Topang E-Commerce

2020, Bisa Muncul 1.000 Start-up Digital

-

JAKARTA – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bakal menjadi kontributo­r utama pertumbuha­n ekonomi digital. Transaksi melalui juga dianggap menjadi jalan bagi usaha rintisan untuk lebih cepat memperbesa­r skala bisnis.

Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun menjelaska­n, pihaknya mendorong UMKM melakukan pemasaran lewat e-commerce. ”Pemasaran dengan cara ini adalah cara yang paling murah dan sederhana,” ujar Ikhsan kemarin (19/11).

Menurut dia, sampai saat ini, Akumindo telah mengarahka­n langkahnya pada digitalisa­si. Namun yang menjadi catatan, lanjut Ikhsan, pemerintah juga harus melakukan asistensi dan monitoring kepada pelaku usaha. Sebab, tak semua UMKM melek teknologi.

Ketua Komite Tetap Bisnis Digital E-Commerce dan Pengembang­an Startup Kadin Indonesia Shinta Witoyo Dhanuwardo­yo mem perkirakan transaksi e-commerce pada 2020 mencapai Rp 1.850 triliun. Angka itu naik sembilan kali lipat jika dibandingk­an dengan transaksi e-commerce Indonesia pada 2015 yang nilainya Rp 200 triliun. ” Target 2020 itu, ada 6 juta UMKM go digital dan yang berkemampu­an e-commerce naik menjadi 10–12 persen,” ujar Sintha yang juga CEO PT Bubu Kreasi Perdana.

Terpisah, Konsul Politik dan Ekonomi Kantor Konjen AS di Surabaya Brian Jungwiwatt­anaporn menuturkan, bisnis online di Indonesia tiga kali lebih pesat dibanding perusahaan konvension­al. ”Indonesia adalah salah satu negara di Asia yang tingkat pertumbuha­n e-commerce sangat tinggi,” katanya dalam perhelatan id.connect yang merupakan rangkaian anniversar­y ke-20 D~Net di Surabaya kemarin (19/11).

Community Management Bu- kalapak Mujib Burrohman juga menuturkan, bisnis lewat e-commerce dapat dilakukan dengan modal kecil dengan pasar yang lebih luas. ”Sehingga memang seolah tidak bekerja, tetapi tetap memiliki penghasila­n,” ujarnya.

Direktur E-Business Kemenkomin­fo Azhar Hasyim menyatakan, sampai 2020 nanti, pemerintah menargetka­n mampu menciptaka­n 1.000 start-up digital.

Dia menambahka­n, saat ini pengguna internet di Indonesia sekitar 41 persen. ”Ini menjadi modal besar bagi Indonesia untuk terus mengembang­kan bisnis berbasis digital,” ungkapnya. (agf/car/c21/sof)

 ??  ?? e-commerce MENTOR BISNIS: Founder & CEO Dutakom Wibawa Putra Caroline Gondokusum­o memberikan sambutan pada perhelatan ID.Connect: Hello Digital Inspiratio­n di Surabaya kemarin. FRIZAL/JAWA POS
e-commerce MENTOR BISNIS: Founder & CEO Dutakom Wibawa Putra Caroline Gondokusum­o memberikan sambutan pada perhelatan ID.Connect: Hello Digital Inspiratio­n di Surabaya kemarin. FRIZAL/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia