Jawa Pos

Berat, Ngos-ngosan, tapi Memesona

Mengikuti Hari Kedua Perayaan Ultah Ke-6 SRBC

-

KEDIRI – Rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Ke-6 Surabaya Road Bike Community (SRBC) berakhir kemarin. Kalau pada hari pertama rombongan melalui rute datar dan santai, kemarin para member melibas rute anyar dan menantang. Yakni dari Kediri menuju tempat wisata Air Terjun Dolo.

Air Terjun Dolo terletak 30 kilometer dari pusat kota Kediri. Tepatnya di Kecamatan Mojo, Blimbing. Jaraknya memang tak terlalu jauh. Namun, rute anyar itu memiliki tantangan yang cukup berat bagi 150 cyclist yang ikut dalam gowes kemarin.

Dengan jarak hanya 30 kilometer, jalur tersebut memiliki total elevasi mencapai 1.300 meter. Tingkat ketinggian paling maksimal itu ada di kilometer 28 atau di tanjakan terakhir. Bahkan, ada yang sampai 23 persen.

Sebenarnya, rute tersebut memiliki banyak tanjakan berat. Pada 5 kilometer awal saja, sudah ada tanjakan dengan tingkat kemiringan 12 persen. ”Untung kondisi jalan bagus. Jadi, kontrol sepeda gampang,” katanya.

Separo rute itu sudah membuat para cyclist ngos-ngosan. Namun, itu baru permulaan. Tantangan sebenarnya ada di 5 kilometer terakhir. Di situ mereka disambut tanjakan dengan tingkat kemiringan 19 persen. ”Bisa dibilang ini adalah tanjakan gigi satu,” ungkap Khoiri.

Namun, itu belum selesai. Di kilometer 28, tingkat kemiringan­nya mencapai 23 persen. ” Nggak pernah saya melalui rute sekejam ini. Capek parah!” gerutu Vee Gusti, cyclist asal Jakarta.

Meski rute terbilang berat, para cyclist tetap bahagia. Sebab, selama perjalanan, mereka disuguhi pemandanga­n indah Gunung Wilis. Jalanan masih sepi. Kiri dan kanan masih jarang bangunan. ”Rute ini harusnya bisa menjadi primadona para cyclist di Indonesia,” kata Khoiri. ”Jalur ini bisa dipromosik­an. Semoga kegiatan SRBC yang didukung Pemkot Kediri ini bisa menjadi awal rute ini dikenal dunia,” tegasnya.

Pada akhir rute, rombongan langsung diobati dengan panorama indah Air Terjun Dolo. Suasana yang sejuk membuat para cyclist betah berlama-lama di air terjun tersebut. (gus/c19/nur)

 ??  ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS KOMPAK: Para founder dan anggota SRBC berpose di titik finis, yakni wilayah Air Terjun Dolo, Kediri. GALIH COKRO/JAWA POS CURAM DAN BERKABUT: Para cyclist peserta perayaan ulang tahun ke-6 SRBC menanjak di kawasan lereng Gunung...
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS KOMPAK: Para founder dan anggota SRBC berpose di titik finis, yakni wilayah Air Terjun Dolo, Kediri. GALIH COKRO/JAWA POS CURAM DAN BERKABUT: Para cyclist peserta perayaan ulang tahun ke-6 SRBC menanjak di kawasan lereng Gunung...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia