Jawa Pos

Tinggal Beresi Kajian Keamanan

Semifinal 25 November, Final 28 November

-

JAKARTA – Para pelatih kontestan yang lolos ke semifinal Liga 2 dari grup Y kudu piawai mengatur program latihan. Sebab, waktu recovery mereka lebih pendek ketimbang kontestan grup X menuju semifinal dan final. Apalagi, laga terakhir grup Y dilakoni pada 21 November.

Nah, kalau sesuai rencana, waktu yang dimiliki Persebaya Surabaya yang memastikan diri lolos dan PSPS Riau atau PSIS Semarang yang masih berjuang berebut satu slot sisa tidak sampai sepekan untuk beristirah­at. Sebab, Liga 2 rencananya berakhir pada bulan ini.

’’Kami berencana mengadakan semifinal pada 25 November, sedangkan 28 November menjadi laga final,’’ kata Chief Operating Officer (COO) PT LIB Tigorshalo­m Boboy. ’’Semoga seluruh pertanding­an babak delapan besar yang tersisa berjalan dengan aman agar semua rencana kami bisa tereksekus­i dengan baik,’’ imbuhnya.

Hanya, meski berani terbuka soal waktu semifinal dan final, pihak operator belum memastikan venue pertanding­an untuk dua babak tersebut. Alasannya, mereka masih mengkaji dan mendalami setiap perkembang­an dan dinamika keamanan sepak bola tanah air dalam beberapa pekan terakhir.

Namun, menurut Tigor, dua babak krusial itu sangat mungkin berlangsun­g di Bandung. Oleh operator, Bandung selama ini dipercaya menjadi lokasi perhelatan babak delapan besar untuk grup Y dengan peserta Persebaya Surabaya, PSIS Semarang, PSPS Riau, dan PS Mojokerto Putra.

’’Untuk sementara, kami memilih Bandung sebagai venue semifinal. Tapi, apakah bisa bermain di sana atau tidak, itu bergantung suporter tim-tim peserta babak delapan besar yang bermain di sana,’’ ujar pria yang juga manager Lisensi Klub PSSI tersebut. ’’Kalau suporter aman dan bisa dikendalik­an, ya bisa saja diselengga­rakan di Bandung,’’ ucapnya.

Sementara itu, sejumlah kontestan semifinal berharap operator segera memastikan lokasi dan jadwal babak tersebut. Direktur Persebaya Candra Wahyudi menyatakan, mereka butuh kepastian tanggal dan tempat karena berkaitan dengan persiapan tim serta konsolidas­i suporter yang akan datang dalam jumlah besar dari Surabaya menuju lokasi.

’’Kalau tanggal dan tempatnya sudah pasti, memudahkan kami untuk melakukan persiapan. Apalagi kalau semifinal berlangsun­g pada akhir pekan. Itu berarti, ada gelombang suporter dalam jumlah besar yang akan berangkat ke stadion. Sebagai manajemen, kami juga butuh waktu untuk memaksimal­kan semuanya,’’ paparnya.

Selain itu, CEO Martapura FC Yahdi Mursid menuturkan, mereka sudah mendengar informasi mengenai tanggal dan venue pertanding­an semifinal dan final tersebut. Yakni, 25 November untuk semifinal dan 28 November untuk babak final. ’’ Tapi, semua belum ditetapkan. Kami dengar Senin (hari ini, Red) kami mendapatka­n pengumuman resmi. Kami masih menunggu,’’ kata Yahdi. (ben/c22/ham)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia